Sukses

Ilham Habibie: Indonesia Harus Perbanyak Konten Lokal

Liputan6.com, Jakarta - Pendiri Berkaya!Indonesia, Ilham Habibie, mengatakan bahwa Indonesia membutuhkan lebih banyak konten lokal. Konten tersebut haruslah berupa produk komersial, yang sekaligus dapat memajukan industri Tanah Air.

Menurut Ilham, menghasilkan produk komersial memang bukan perkara mudah. Sebab, diperlukan kerja sama berbagai pihak.

Namun hal tersebut bukan mustahil. Setidaknya, kata Ilham, ada tiga hal yang dibutuhkan untuk mewujudkan hal tersebut yakni ide, prototipe, dan industri.

"Dari tiga hal tersebut lahirlah komersial (produk, red.). Produk baru menjadi sebuah inovasi, jika itu benar-benar bisa memperbaiki kualitas hidup dan dilakukan secara berkelanjutan," tutur Ilham dalam Gala Opening Habibie Festival di Museum Nasional Jakarta, Kamis (11/8/2016).

Ia pun menyayangkan masih besarnya konsumsi produk impor di Indonesia. Namun katanya, bukan berarti Indonesia harus bersikap "anti luar negeri".

"Kita semua harus bekerja sama. Misalnya, soal teknologi yang biasanya terinspirasi dari budaya kita dan luar negeri, tidak boleh kita tolak begitu saja karena kita bisa ambil apa yang bermanfaat," kata Ilham. 

Ilham menekankan keyakinan bahwa kualitas hidup harus diperbaiki dengan inovasi, sehingga bisa menumbuhkan industrialisasi, yang kemudian melahirkan produk-produk komersial lokal. Dari sana, ujar Ilham, akan tumbuh budaya kewirausahaan. 

(Din/Why)