Sukses

Menkominfo: Membangun Jaringan Menuju Revolusi Digital

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara didapuk menjadi salah satu pembicara di acara Inspirato yang digelar di SCTV Tower, Jakarta, pada Kamis (2/6/2016). 

Kepada para audiens yang sebagian besar anak-anak muda, pria yang akrab disapa Chief RA ini berbagi informasi seputar revolusi digital yang tengah dihadapi oleh bangsa Indonesia. 

Salah satu bentuk perkembangan digital yang sedang menjadi tren di beberapa kalangan adalah eCommerce.  

"Kalau kalian dengar kata Tanah Abang, asosiasinya pasti mengarah pada tempat belanja. Kini ada situs belanja online baru bernama Tanah Abang Market. Ini artinya belanja daring (dalam jaringan/online) membuka pasar baru.

Dengan kehadiran aplikasi, kini transaksi eCommerce dapat dilakukan dengan mudah. Dengan kata lain, pasar aplikasi bertumbuh dan mendorong masyarakat untuk bertransaksi online.

"Aplikasi memberikan opsi atau alternatif kepada masyarakat untuk bertransaksi (belanja). Apalagi situs eCommerce menawarkan harga barang yang lebih kompetitif," ungkapnya.

Benang merahnya adalah tren ini mendorong pemerintah untuk lebih cepat menghadirkan infrastruktur jaringan. Dengan begitu, masyarakat dapat menikmati digitalisasi

Ia mengungkap, saat ini kecepatan download di Jakarta telah melebihi negara tetangga. Pihaknya ingin agar infrastruktur di seluruh Indonesia harus sama dengan kota-kota lain di Asia Tenggara. 

"Maka itu, kami menggelar proyek infrastruktur Palapa Ring, untuk menghubungkan setiap kabupaten di kawasan Barat, Tengah, hingga Timur di Indonesia. Aplikasi tanpa jaringan itu percuma," tambahnya. 

"Ini merupakan dukungan penuh pemerintah agar generasi muda berikutnya dapat mengisi perkembangan digital di masa depan." Tutupnya. 

(Jek/Cas/Isk)

Unboxing dan First Impression Galaxy S20 Ultra
Loading
Artikel Selanjutnya
Pandemi COVID-19 jadi Saat Tepat Ajarkan Pola Hidup Bersih dan Sehat pada Anak
Artikel Selanjutnya
Jumlah Pendaftar Relawan COVID-19 Capai Angka 15.250 Orang