Sukses

Bos Microsoft Puji Indonesia Sudah Adopsi Layanan Cloud

CEO Microsoft, Satya Nadella kagum karena beberapa sektor industri di Indonesia telah menerapkan layanan cloud.

Liputan6.com, Jakarta - Meski hanya berada 30 menit di acara Microsoft Developers Festival, CEO Microsoft Satya Nadella sempat memuji beberapa sektor industri di Indonesia yang sudah mengadopsi teknologi cloud milik Microsoft, yakni Microsoft Azure.

Saat mengisi sesi keynote speech di acara yang berlangsung di Ritz Carlton Pacific Place, Jakarta, Kamis (26/5/2016), pria keturunan Tanah Hindustan ini mengatakan Azure merupakan platform yang mampu menampung berbagai ragam jenis teknologi, mulai dari mobile, web hingga Internet of Things (IoT).

"Saya senang melihat Indonesia sudah menerapkan cloud Microsoft Azure di beberapa sektor. Mulai dari pendidikan, kesehatan bahkan hingga penerbangan. Garuda Indonesia pun memanfaatkan salah satu teknologi tersebut," tutur CEO ketiga setelah Steve Ballmer dan Bill Gates ini.

Nadella sedikit membocorkan beberapa layanan lokal yang telah menggunakan Microsoft Azure. Dari pantauan Tekno Liputan6.com, beberapa layanan tersebut meliputi e-rapport, BPJS, Radya Labs dan Garuda Indonesia. 

Selain itu, ia juga kembali menekankan betapa pentingnya teknologi Mixed Reality Capture (MRC). Pasalnya, teknologi hologram ini juga sudah digunakan oleh beberapa perusahaan, termasuk NASA.

Buktinya, perangkat HoloLens yang sudah mengadopsi teknologi ini digunakan oleh astronot Scott Kelly kala ia masih berada di luar angkasa beberapa waktu lalu.

Nadella bahkan melontarkan pujian kepada pemerintah Indonesia karena telah berinisiatif dalam menggelar program penting bagi para developer, yaitu Hackathon.

"Teknologi merupakan alat untuk memperkuat kita berbuat lebih banyak lagi. Saya pikir Indonesia bisa memanfaatkan benefit dari era ekonomi digital saat ini," tutup Nadella.

Microsoft Developer Festival dihelat tak hanya untuk menyambut kedatangan Nadella ke Tanah Air. Acara tersebut juga dihadiri lebih dari 1.500 developer Indonesia dan disaksikan lebih dari 2.000 mahasiswa yang tersebar di lima kawasan terpencil di Indonesia.

Selain itu, gelaran yang juga menandakan 20 tahun berdirinya Microsoft di Indonesia ini menggarisbawahi inisiatif serta program perusahaan yang dapat dinantikan developer.

(Jek/Cas)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini