Sukses

Ruangguru.com, Sarana Calon Murid Bertemu Guru Secara Online

Ruangguru.com menawarkan kemudahan akses bagi pendidik maupun murid yang ingin menambah keterampilan dan materi pembelajaran.

Liputan6.com, Jakarta - Kehadiran teknologi saat ini tak dimungkiri telah berhasil mengubah dan mempermudah masyarakat untuk memperoleh sesuatu.

Salah satunya dilakukan oleh Ruangguru.com yang menawarkan kemudahan akses bagi pendidik maupun murid yang ingin menambah ketrampilan dan materi pembelajaran di luar waktu sekolah. 

Sekilas Ruangguru.com tak ubahnya sebuah lembaga bimbingan belajar biasa. Namun startup yang mulai meluncurkan situsnya pada 2014 ini menawarkan hal yang berbeda dari penyedia layanan serupa.

Salah satu yang membedakan adalah Ruangguru.com menawarkan layanan secara online, sehingga banyak orang dapat mengaksesnya dengan mudah tak terbatas waktu dan tempat.

"Jadi Ruangguru.com adalah platform bagi murid untuk mencari guru secara online, persiapan ujian berbasis teknologi, serta aplikasi yang memudahkan murid mencari tutor," ujar CEO dan Co-Founder Ruangguru.com Muhammad Iman Usman, saat ditemui di tim Tekno Liputan6.com, di Jakarta, Kamis (21/4/2016).

Uniknya, meskipun bergerak di layanan pendidikan, pria yang juga pencetus Indonesia Future Leader ini ternyata tak memiliki latar belakang di dunia pendidikan. Namun, ia merupakan satu-satunya di keluarga yang menempuh pendidikan tinggi.

"Saya mungkin anomali dalam keluarga. Namun dari situ saya melihat bahwa pendidikan dapat mengubah seseorang," ujar Iman yang pernah meraih Juara 1 Pemilihan Mahasiswa Berprestasi Tingkat Nasional pada Juli 2012 ini.

Saat ini Ruangguru.com telah menghubungkan lebih dari 27 ribu guru dengan murid yang ingin mendapatkan pelajaran dan keterampilan tambahan di luar sekolah atau kampus. Beberapa pelajaran yang ditawarkan meliputi pelajaran sekolah, bahasa asing, kesenian, olahraga, serta keterampilan lainnya.

Untuk itu, Ruangguru.com sedang mengembangkan aplikasi on-demand mobile yang memungkinkan murid terhubung secara langsung dengan guru.

Lewat aplikasi tersebut, murid diharapkan dapat semakin mudah berkonsultasi mengenai pelajaran dengan cara yang lebih efektif, mudah, dan cepat.

Saat ini, aplikasi mobile Ruangguru.com sendiri masih dalam tahap pengembangan dan uji coba terbatas. Rencananya, dalam waktu dekat aplikasi ini sudah dapat disempurnakan dan diluncurkan ke publik.

(Dam/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.