Sukses

[Review] Wiko Highway Star, Ponsel 4G dengan Kamera Mumpuni

Seperti apa performa dan fitur Wiko Highway Star? Simak review-nya berikut ini.

Liputan6.com, Jakarta - Meski baru terjun ke pasar smartphone, Wiko memberanikan diri memboyong salah satu smartphone kelas menengah miliknya--Wiko Highway Star--ke Indonesia. Perusahaan asal Prancis ini yakin ponsel mereka yang stylish dapat menarik perhatian konsumen.

Wiko Highway Star tersedia dalam empat pilihan warna: Gold, Space Grey, Silver dan Bleen. Seperti apa performa dan fitur ponsel ini? Simak review-nya berikut ini.

Desain

Wiko Highway Star terlihat eksklusif karena body-nya terbuat dari bahan aluminium berkualitas tinggi. Permukaan body-nya halus, terasa licin saat dipegang, jadi sebaiknya berhati-hatilah saat memegangnya agar tak terjatuh.
Boks Wiko Highway Star (Liputan6.com/ Dewi Widya Ningrum)
Ponsel ini mengusung konsep desain unibody, sehingga Anda tidak bisa mencopot baterainya. Untuk memasukkan SIM card, tersedia dua slot di sebelah kanan ponsel.
Bagian atas dan bawah bodi Wiko Highway Star (Liputan6.com/ Dewi Widya Ningrum)
Tombol power/unlock berada di sisi kanan, sedangkan tombol volume ada di sebelah kiri. Menilik ke bagian atas, terdapat port 3,5mm, dan di bagian bawah ada port micro USB dan speaker.
Bagian samping bodi Wiko Highway Star (Liputan6.com/ Dewi Widya Ningrum)
Desain secara keseluruhan menurut kami cukup elegan. Ponsel berdimensi 141 x 71,4 x 6.6mm dan bobot 123 gram ini terasa ringan dan enak digenggam.

Layar

Wiko Highway Star dibekali dengan layar AMOLED HD beresolusi 1280 x 720 piksel. Tampilan layarnya cukup tajam dan terang, serta sudah dilapisi dengan Corning Gorilla Glass 3 untuk anti gores. Ukuran layar 5 inci yang diusungnya cukup untuk menonton video di mana saja.
Paket kelengkapan Wiko Highway Star (Liputan6.com/ Dewi Widya Ningrum)
Handset yang sudah mendukung 4G ini memiliki user interface (UI) sendiri, yang disebut Wiko UI. Tampilan UI-nya sangat sederhana. Layarnya terbilang responsif saat disentuh.
Paket kelengkapan Wiko Highway Star (Liputan6.com/ Dewi Widya Ningrum)
Ada beberapa aplikasi tambahan yang disematkan, seperti aplikasi housekeeping (File manager dan Clean Master) dan TouchPal X untuk keyboard visual.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Performa

Performa

Di sektor dapur pacu, Wiko Highway Star dipersenjatai dengan prosesor octa-core 1.5GHz MediaTek MT6752, dengan RAM 2GB yang membuat ponsel ini berjalan mulus dan responsif.
Benchmark Wiko Highway Star (Liputan6.com/ Dewi Widya Ningrum)
Kami juga menguji performa ponsel ini dengan aplikasi AnTuTu Benchmark. Dengan spesifikasi yang dimilikinya, Wiko Highway Star mendapatkan skor 34.345. Skor ini menempatkan Highway Star berada di bawah Lenovo K3 Note dan Vivo X5Pro.

Kamera

Ponsel ini dibekali kamera utama 13 megapiksel (MP) yang dapat digunakan untuk merekam video full HD. Hasil foto di luar dan dalam ruangan cukup bagus.

Ini berkat teknologi SME (Spatially Multiplexed Exposure) yang ada pada lensa Sony IMX214 yang dikombinasikan dengan Blue Glass infrared, yang mampu menyeimbangkan pencahayaan sehingga gambar bisa ditangkap dalam kondisi minim cahaya ataupun cahaya belakang (backlight).
Cover belakang Wiko Highway Star (Liputan6.com/ Dewi Widya Ningrum)
Selain itu, terdapat fitur Professional Mode yang menjadikan kamera smartphone ini layaknya kamera profesional. Anda bisa mengatur ISO kamera secara manual sesuai kebutuhan. Selain ISO, Anda juga dapat mengatur exposure, color saturation, serta white balance (WB).
Fitur kamera Wiko Highway Star (Liputan6.com/ Dewi Widya Ningrum)
Jika berada dalam kondisi minim cahaya, Anda bisa menggunakan Auto White Ballance (AWB). Adanya lampu flash di kamera depan juga sangat membantu bagi yang ingin foto selfie di area yang latarnya gelap.
Hasil bidikan kamera Wiko Highway Star di luar ruangan (Liputan6.com/ Dewi Widya Ningrum)
Dengan ruang penyimpanan 16GB, Anda bisa menyimpan ribuan gambar. Tetapi jika Anda membutuhkan lebih banyak ruang lagi, Anda dapat menambahkan kartu micro SD hingga 64GB. Sayangnya, ponsel ini masih menggunakan sistem operasi Android KitKat.
Hasil bidikan kamera Wiko Highway Star di kondisi cahaya minim (Liputan6.com/ Dewi Widya Ningrum)
Fitur lainnya yang terdapat pada ponsel ini yakni baterai Li-Po 2450 mAh, dua slot SIM card (micro-SIM dan nano-SIM), Bluetooth 4.0, micro USB 2.0, GPS, WiFi serta FM Radio. Di Indonesia, smartphone ini dipasarkan dengan harga Rp 4,499 juta.

3 dari 3 halaman

Spesifikasi

Kesimpulan

Secara desain cukup elegan dan ramping, kualitas material bagus namun sayangnya terasa licin saat dipegang sehingga rawan terjatuh.

Secara keseluruhan tampilan user interface sangat sederhana, namun layar cukup responsif. Untuk performa, bisa diandalkan untuk membuat video karya sendiri.
Bagian samping bodi Wiko Highway Star (Liputan6.com/ Dewi Widya Ningrum)
Spesifikasi

Network : GSM / HSPA / FDD LTE Cat 4 (DL 150 Mbps, UL 50 Mbps)
Sistem operasi: Android 4.4 .4 KitKat (upgradeable to Lolipop 5.1)
Processor : Octa-core 1.5 GHz Cortex-A53
SIM Card : Dual SIM (Nano-SIM/ Micro-SIM, dual stand-by)
Memory : 16GB ROM /2GB RAM
External Memory : Up to 64 GB (hybrid with SIM 2)
Display : 5,0 Inches AMOLED HD (1280 x 720 pixel) Full Lamination, 296ppi density
Body : 141 x 71.4 x 6.6 mm (size), 123 gram (weight)
Main Camera : 13 MP (4128 x 3096), LED Flash, Auto Focus
Front Camera : 5 MP, Selfie Flash
Video recorder : 1080p at 30 fps
Connectivity : WiFi 802.11 b/g/n, Bluetooth 4.0, micro USB 2.0 (USB Host), A-GPS
Multimedia : Music, Video, YouTube, FM Radio
Battery : Li-Po 2450 mAh

(Dew/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini