Sukses

Layanan VoLTE Diprediksi Raup US$ 120 Miliar di 2020

Meningkatnya adopsi jaringan 4G LTE di dunia dan smartphone LTE murah memicu pertumbuhan pengguna VoLTE yang tinggi.

Liputan6.com, Jakarta - Pengguna Voice over LTE (VoLTE) di dunia diestimasi akan mengalami pertumbuhan (CAGR) signifikan pada periode 2014-2019, yakni sebesar 100 persen. Pertumbuhan ini dipicu oleh meningkatnya adopsi jaringan 4G LTE. 

Dilansir dari Telecom Asia, Rabu (30/12/2015), laporan yang diterbitkan oleh Infiniti Research ini menyebutkan bahwa implementasi jaringan layanan VoLTE juga tumbuh 36 persen. 

Dengan prediksi tersebut, Infiniti memprediksi bahwa layanan VoLTE akan mengantongi pendapatan sebesar US$ 120 miliar pada 2020, dengan lebih dari 12 persen dari layanan video call dan layanan tambahan lainnya.

Sekadar diketahui, VoLTE merupakan layanan suara yang berbasis LTE. Sebetulnya, layanan ini tak ada bedanya dengan layanan suara via teknologi 2G/3G. Hanya saja suara yang dihasilkan VoLTE diklaim berkualitas lebih baik dan jernih. Tak hanya suara, VoLTE juga memungkinkan pengguna melakukan video call.

Faktor lainnya yang mendorong pertumbuhan tinggi ini adalah meningkatnya pengapalan smartphone LTE dan permintaan pasar akan layanan suara berkualitas tinggi.

Menurut riset ini, kawasan Asia Pasifik menjadi pasar menjanjikan untuk layanan LTE. Pasalnya, adopsi LTE di kawasan tersebut baru memasuki fase awal.

Di Indonesia sendiri, layanan VoLTE belum dapat diimplementasikan dikarenakan ekosistem handsetnya belum ada. Namun, beberapa operator -- Smartfren misalnya -- menjanjikan layanan dan handset yang mendukung VoLTE bakal hadir pada 2016 mendatang. 

(Cas/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini