Sukses

3 Tanda Smartphone Android Anda Dirasuki Malware

Liputan6.com, Jakarta - Pesatnya pertumbuhan pengguna smartphone Android menarik perhatian para pelaku cybercrime. Maka tak heran jika ekosistem malware dan virus yang beredar mayoritas menjadikan perangkat Android sebagai sasaran utama.

Malware menjadi begitu berbahaya karena diciptakan untuk tidak saja merusak performa perangkat, melainkan juga untuk mencuri data-data pribadi pengguna yang terekam di dalam perangkat. Bahayanya lagi, kini banyak malware berjenis 'botnet' yang dapat dinavigasikan hacker penyebarnya dari jarak jauh.

Penasaran apakah smartphone Android Anda telah terjangkit malware atau belum? Berikut adalah 3 gejala yang menunjukkan jika smartphone Android Anda telah disusupi malware jahat:

2 dari 2 halaman

NEXT

1. Boros paket data internet

Malware umumnya muncul dari situs-situs palsu yang akan terus mengarahkan Anda ke laman situs-situs promo yang tidak jelas. Kondisi ini membuat paket data internet Anda cepat habis.

Selain itu, sejumlah jenis malware juga akan secara otomatis menguasai email Anda untuk mengirimkan banyak pesan berisi malware lainnya ke daftar kontak Anda. Di beberapa kasus juga dikirimkan melalui SMS, yang artinya pulsa Anda juga akan cepat habis.

2. Performa menurun

Malware berjalan sebagai program ilegal di latar belakang perangkat Anda. Tidak terlihat memang, tetapi sebenarnya ponsel Anda terus bekerja meski Anda sedang tidak melakukan apapun. Hal ini menyebabkan performa perangkat melorot.

3. Baterai boros

Seiring dengan performa yang menurun, baterai juga akan menjadi boros karena perangkat Anda terus-menerus beroperasi tanpa disadari.

(dhi/isk)