Sukses

Selangkah Lagi, iOS Gilas Android di AS

Bukan tidak mungkin ke depannya iOS mampu menggilas Android di jagat platform mobile di Amerika Serikat.

Liputan6.com, Amerika Serikat - Sistem operasi Android milik Google telah sejak lama menguasai industri sistem operasi mobile dunia. Banyaknya vendor yang memakai sistem operasi berlambang 'robot hijau' itu menjadi salah satu faktor Android bisa berjaya dan mampu bertahan di posisi puncak.

Meski demikian, sebuah riset terbaru yang dirilis Kantar Worldpanel menyebutkan, sistem operasi mobile buatan Apple, iOS, kini sudah semakin mendekati Android. Padahal, iOS hanya digunakan pada perangkat mobile khusus besutan Apple seperti iPhone, iPad dan iPod.

Pada laporan Kantar terungkap bahwa pada bulan November 2014 lalu Android masih memiliki 48,4% pangsa pasar di Amerika Serikat. Jumlah itu mengalami peningkatan sebesar 2,1% dibanding periode yang sama tahun sebelumnya.

Sedangkan iOS mengalami peningkatan 4,3% dibanding periode yang sama tahun lalu. Peningkatan itu membuat platform mobile besutan Apple itu menguasai pangsa pasar sebesar 47,4% pengguna perangkat mobile di Negeri Paman Sam.

Kantar mengambil kesimpulan bahwa kedua platform mobile populer di dunia itu lambat laun semakin berdekatan posisinya di pasar Amerika Serikat. Adopsi iOS 8 yang cukup signifikan hingga mencapai hampir 70% disebutkan sebagai salah satu faktor yang mempengaruhinya.

Persaingan kedua platform itu ke depannya diprediksi akan semakin ketat. Bukan tidak mungkin ke depannya iOS mampu menggilas Android di jagat platform mobile di Amerika Serikat.

(den/dew)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini