Sukses

Kurio, Aplikasi Baca Berita Buatan Anak Indonesia

Liputan6.com, Jakarta - Seiring maraknya tren penggunaan perangkat mobile, cara orang mengakses informasi pun berubah. Mengakses informasi tak lagi harus mengunjungi situsnya satu persatu. Kini sudah ada banyak aplikasi yang mempermudah orang mengakses kumpulan informasi dari berbagai website.

Jika di luar negeri ada Flipboard, dari dalam negeri ada Kurio. Kurio adalah aplikasi untuk membaca berita/informasi, konsepnya sama seperti Flipboard. Aplikasi ini dibuat oleh developer lokal asal Indonesia, dan digagas oleh David Wayne.

Apa yang membuat Kurio unik dibanding aplikasi sejenis lainnya? Menurut Michael Salim, Business Development Kurio Inc., Kurio punya user interface (UI) yang beda. Saat aplikasi dibuka, akan keluar kipas. Pada kipas itu terdapat kategori sesuai keinginan pengguna dalam tampilan warna-warni.

Selain itu, lanjut Michael, konten-konten yang disukai lebih mudah diorganisir di Kurio. Sejak dirilis ke Google Play Store pada bulan November 2013 lalu dan Januari 2014 di Apple Store, aplikasi Kurio sudah diunduh sebanyak 70.000 pengguna.

"Rata-rata pengguna yang memakai Kurio stay selama 10-12 menit untuk membaca. Ini hal yang bagus," kata Michael saat berkunjung ke kantor redaksi Liputan6.com, Kamis (6/11/2014).

Cerita di Balik Nama Kurio

Nama Kurio sendiri dipilih karena alasan ketertarikan seseorang untuk membaca. Krisva Angniezca, Public Relations Kurio mengatakan awalnya nama yang dipilih adalah Moco (dalam bahasa Jawa artinya membaca).

"Setelah prototipe dibuat untuk diajukan ke investor, saat dicari di internet artinya kebanyakan negatif. Kata Curiosity dianggap lebih menarik, lalu akhirnya dipilihlah nama Kurio yang menunjukkan rasa tertarik untuk membaca," jelasnya.

Saat ini Kurio sedang mengembangkan aplikasi untuk tablet. Saat ini aplikasi Kurio baru tersedia untuk smartphone berbasis Android dan iOS saja.

"Dalam beberapa bulan ke depan mudah-mudahan kita sudah bisa merilis aplikasinya untuk tablet. Kita juga akan memperbanyak kerjasama dengan komunitas-komunitas yang punya tujuan sama yaitu sharing konten," ungkap Michael.

Ke depannya Kurio akan membuat sistemnya lebih advance. Sebab saat ini pencarian baru bisa dilakukan di database internal Kurio saja, namun ke depannya diharapkan dari luar juga bisa.

Untuk menarik pengguna baru, Kurio juga menggelar kontes blog. Peserta diminta untuk menulis artikel terkait topik "Smart is cool" atau "Knowledge is power". Dua pemenang beruntung akan mendapatkan iPhone 6. Kontes berakhir pada 30 November 2014. Tertarik ikut?

    Loading