Sukses

Bocah 12 Tahun Rancang Robot Pembasmi Malaria

Bocah 12 tahun bernama David Cohen menciptakan sebuah robot pembasmi malaria. Ide ini didapatnya setelah adiknya terjangkit malaria.

Liputan6.com, Texas - Tak hanya mengganggu, nyamuk juga disebut sebagai hama yang dapat membunuh manusia secara massal. Itulah mengapa bocah 12 tahun bernama David Cohen ini menciptakan sebuah robot pembasmi malaria.

Cara kerja robot buatan Cohen adalah dengan menenggelamkan nyamuk malaria dengan sistem pompa jet di bawah air menggunakan jala. Cohen menuturkan, ia mendapat ide untuk membuat robot ini setelah keluarganya sendiri terjangkit penyakit yang disebabkan oleh gigitan nyamuk.

"Adikku terkena infeksi yang sangat buruk akibat gigitan nyamuk. Tubuhnya merasa kesakitan dan nyaris tidak bisa berjalan. Ia mengalami hal itu selama beberapa minggu dan akhirnya sembuh setelah mengonsumsi antibiotik," kata Cohen kepada Huffington Post, Jumat (17/10/2014). 

"Malaria adalah penyakit yang ditularkan melalui nyamuk, membunuh sekitar 627 ribu orang setiap tahun - terutama di negara berkembang dari sub-Sahara Afrika," terang bocah asal Texas, Amerika Serikat itu.

Berkat karya inovatifnya itu Cohen berhasil menjadi finalis Discovery Education 3M Young Scientist Challenge. Kompetisi bergengsi ini melibatkan sejumlah pelajar sekolah dasar (SD) dan sekolah menengah pertama (SMP).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini