Sukses

Mau Cari Hewan Peliharaan yang Tepat? Pakai Aplikasi Ini

Aplikasi besutan startup Superfish ini didukung sebuah mesin algoritma visual sehingga Anda dapat menemukan hewan peliharaan yang tepat,

Liputan6.com, California - Jika hewan peliharaan kesayangan baru saja meninggal atau hilang, jangan khawatir karena sekarang ada sebuah aplikasi yang dapat membantu Anda untuk menemukan hewan peliharan yang mirip dengan hewan peliharaan kesayangan Anda.

Disebut PetMatch, aplikasi besutan startup Superfish ini didukung sebuah mesin algoritma visual sehingga Anda dapat menemukan hewan peliharaan, seperti kucing atau anjing yang siap untuk adopsi dengan karakter dan fisik yang mirip dengan kucing atau anjing milik Anda yang meninggal atau hilang.

Cara penggunaannya, cukup upload foto ke PetMatch, atau menggunakan gambar sampel dari galeri di perangkat mobile. Kemudian aplikasi ini akan mencari database dari hewan peliharaan dengan dengan karakter serupa. Proses ini dilakukan PetMatch dengan teknologi pengenalan gambar yang disebut analisis geometris.

Tak cuma gambar, proses scanning itu juga akan mencocokkan jarak antara mata, sudut mulut, bentuk wajah, dan warna bulu hewan. Selanjutnya Anda dapat menelusuri daftar hewan peliharaan yang dianggap potensial sebelum Anda berniat mengadosinya.

"PetMatch adalah cara cepat dan intuitif untuk mencari hewan peliharaan untuk diadopsi," ujar Superfish seperti dikutip dari Daily Mail, Minggu (25/5/2014). PetMatch kompatibel dengan iPhone, iPad, dan iPod Touch yang berjalan pada platform iOS 7.0 atau di atasnya.

Namun sayang, untuk saat ini PetMatch hanya tersedia di Amerika Serikat dan hanya kucing dan anjing yang ditampilkan. Belum jelas, kapan aplikasi ini akan diluncurkan di wilayah lain. Superfish sendiri didirikan pada tahun 2006 oleh Adi Pinhas dan Michael Chertok.

Perusahaan asal California ini juga memiliki sebuah aplikasi yang disebut Window Shopping untuk membantu pembeli menemukan item pakaian yang mirip dengan yang mereka miliki dalam lemari pakaian mereka atau apa yang telah dilihat di majalah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini