Sukses

Perusahaan Teknologi Bersatu Gempur Heartbleed

Sejauh ini sudah ada sekitar 13 perusahaan yang telah bergabung dalam program yang digawangi oleh Linux Foundation ini.

Liputan6.com, California - Munculnya bug Heartbleed menimbulkan keresahan bagi para pengguna internet di seluruh dunia, tak terkecuali para perusahaan raksasa teknologi. Menyikapi kondisi genting ini, Google, Facebook, Microsoft, Amazon, Cisco dan sejumlah perusahaan teknologi lainnya dilaporkan menyatukan kekuatan untuk membasmi celah kemanan yang menyasar sistem Open SSL tersebut.

Dilansir laman Softpedia, Jumat (25/4/2014), dipayungi oleh Linux Foundation, beberapa perusahaan teknologi telah berkomitmen untuk menyisihkan dana sebsar USD 100 ribu per tahun selama tiga tahun ke depan guna berinvestasi pada pada sistem keamanan komputasi yang lebih baik.

CMO Linux Foundation, Amanda McPherson mengatakan, "stelah krisis Heartbleed kita bertanya-tanya pada diri sendiri: Bagaimana hal itu dapat terjadi dan apa peran yang dapat dilakukan Linux Foundation untuk memastikan hal seperti itu tidak akan terjadi lagi. Lalu kami memutuskan untuk melakukan hal yang memang sudah biasa kami lakukan: Bekerjasama dengan para pelaku industri dengan mengumpulkan dana dan mengembangkan suatu sistem yang lebih baik."

Lebih lanjut ia menerangkan, sejauh ini sudah ada sekitar 13 perusahaan yang telah bergabung dalam program ini. Dana sebesar USD 3,6 juta diklaim telah sukses terkumpul, dan diharapkan jumlah tersebut akan terus bertambah.

Celah kemanan Heartbleed sendiri bukanlah ancaman cyber yang bisa dianggap enteng. Meski banyak website terkemuka di seluruh dunia telah menambal sistem mereka dari celah keamanan Heartbleed, pemilik web diimbau tetap harus berhati-hati.

Pasalnya, berdasarkan hasil pemeriksaan yang dilakukan oleh perusahaan informasi keamanan Sucuri, sekitar 20.320 website diketahui masih rentan terserang Heartbleed. "Kami sangat senang melihat bahwa 1.000 situs teratas di dunia sudah ditambal dengan benar," kata Chief Technology Officer Sucuri, Daniel Cid.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini