Sukses

Mahasiswa Unesa Peraih Medali AUG 2024 Diganjar Beasiswa dan Bebas Skripsi

Cak Hasan menambahkan, bahwa Unesa berkomitmen untuk terus memfasilitasi semua mahasiswa agar terus meraih prestasi di bidangnya masing-masing, termasuk dalam hal olahraga yang memang sudah menjadi identitas kampus.

Liputan6.com, Surabaya - Mahasiswa Universitas Negeri (Unesa) Surabaya meraih 13 medali emas dalam ajang ASEAN University Games (AUG) 2024, sekaligus menjadi yang terbanyak diantara 136 universitas lainnya yang ikut ajang ini di Indonesia.

"Dari 126 medali emas, 97 perak dan 71 perunggu yag diraih kontingen Indonesia, mahasiswa Unesa meraih 13 emas, 7 perak dan 5 perunggu," kata Rektor Unesa Nurhasan atau Cak Hasan, Senin (8/7/2024).

Sebagai apresiasi, lanjutnya, seluruh peraih medali dalam Pekan Olahraga Mahasiswa se-Asia Tenggara itu mendapat beasiswa, bahkan untuk jenjang starta satu (S1) dibebaskan dari skripsi.

"Mahasiswa kami yang mendapatkan medali akan diberi beasiswa, untuk S1 juga dibebaskan untuk skripsi, sedangkan yang sudah lulus dan lanjut ke S2 akan dibebaskan Uang Kuliah Tunggal (UKT) sampai lulus," ucap pria yang juga menjabat sebagai Ketua Umum Federasi Olahraga Petanque Indonesia (FOPI) itu.

Cak Hasan menambahkan, bahwa Unesa berkomitmen untuk terus memfasilitasi semua mahasiswa agar terus meraih prestasi di bidangnya masing-masing, termasuk dalam hal olahraga yang memang sudah menjadi identitas kampus.

"Ada beberapa atlet Unesa yang ikut AUG 2024 juga masuk di Puslatda, ada juga yang dipersiapkan untuk Sea Games dan ASEAN Games. Para mahasiswa ini, mereka sangat rajin latihan karena kami memfasilitasi semua dengan harapan sukses prestasi di bidang olahraga sekaligus akademisnya," ujar Prof Dr Nurhasan.

"Intinya tugas para atlet di Unesa, latihan, latihan, latihan dan belajar," tambahnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Indonesia Juara Umum

Kontingen Indonesia berhasil menjadi juara umum ASEAN University Games (AUG) ke-21 2024 dengan mengoleksi 126 medali emas, 97 perak dan 71 perunggu.

Ketua Kontingen Mahasiswa Indonesia Del Asri di sela penutupan AUG 2024 di Universitas Negeri Malang (UM), Sabtu (6/7), bersyukur karena selain menggenapi target juara umum, atlet-atlet Indonesia juga mampu membuat sejarah dengan mencatatkan rekor baru.

“Alhamdulillah. Sebagai Ketua Kontingen saya berterima kasih atas kerja keras atlet, pelatih dan semua pihak. Terutama Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Belmawa Dikti), Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas), dan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora),” kata Del Asri.

Sementara itu, Sekretaris Jenderal Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) Suharti mengapresiasi penampilan Kontingen Mahasiswa Indonesia yang telah memberikan prestasi membanggakan di 21st ASEAN University Games 2024 Surabaya-Malang.

Selain itu, kata dia, hasil yang paling penting selain perolehan medali dalam gelaran kompetisi olahraga mahasiswa antarperguruan tinggi se-Asia Tenggara itu adalah kerja sama antarnegara yang dapat berlangsung baik.

"Ada berita baik yang kita wartakan ke seluruh Indonesia dan dunia, bahwa AUG 2024 sudah dilaksanakan dengan baik, medali sudah diperoleh tapi lebih daripada itu kami bisa menjalin kerja sama antara atlet dan akademisi dari seluruh negara ASEAN," ucapnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.