Sukses

Jokowi Serahkan 10.300 Sertifikat Tanah Elektronik di Banyuwangi

Presiden Joko Widodo pada Selasa Sore (30/4/2024) menyerahkan secara simbolis 10.300 sertifikat tanah elektronik retrebusi kepada para pemegang hak lahan di Gelangang Olahraga Tawangalun Banyuwangi

Liputan6.com, Banyuwangi Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyerahkan secara simbolis 10.300 sertifikat tanah elektronik retrebusi kepada para pemegang hak lahan di Gelangang Olahraga Tawangalun Banyuwangi.

“Ini adalah retribusi tanah yang paling besar di seluruh Indonesia di Banyuwangi,” ujar Jokowi di hadapan ribuan warga Banyuwangi penerima sertifikat, Selasa (30/4/2024).

Kata dia, lahan yang telah bersertifikat kepemilikan itu ada yang berupa eks lahan hutan hingga lahan hak guna usaha (HGU) yang sejak 1938 belum pernah terurus pengajuan sertifikatnya.

“Kalau seseorang punya lahan, tapi tidak punya sertifikat, kalau terjadi sengketa kalah, anda pasti kalah, tidak pegang sertifikat mau apa?" Kata Jokowi.

Jokowi menyatakan, sertifikat tanah adalah dokumen resmi yang diterbitkan oleh Badan Pertanahan Nasional (BPN) sebagai bukti kepemilikan seseorang atau suatu lahan. Dokumen ini juga menjadi dasar untuk berbagai transaksi tanah, seperti jual beli, sewa atau gadai.

“Ini penting, karena yang terjadi 10 tahun saya menjadi presiden, kalau ke daerah masuk ke desa, masuk ke kampung, isinya hanya sengketa tanah, urusan sengketa tanah, urusan konflik tanah. Karen apa? Anda tidak pegang yang namanya sertifikat,” tambahnya.

Jokowi memperkenalkan perbedaan fisik sertifikat tanah elektronik yang hanya selembar kertas, tidak setebal sertifikat tanah konvensional.

Dalam lembar sertifikat tanah elektronik, kata Jokowi, ditulis keterangan bidang tanah, pemegang hak dan alamat pemegang hak.

“Jangan nanti dibanding- bandingkan dengan tetangganya, lho tetanggnya kok sertifikat tebal, saya kok hanya satu lembar. Ya memang itu yang terbaru, namanya sertifikat elektronik,”pungkasnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Disambut Hadrah

Presiden Jokowi kembali melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Banyuwangi, Selasa (30/4/2024). Tiba di Bandara Banyuwangi, orang nomor satu di Indonesia itu disambut meriah alunan hadrah.

Presiden Jokowi ke Banyuwangi dalam acara Penyerahan Sertipikat Tanah untuk Rakyat yang digelar di GOR Tawang Alun Banyuwangi.  

Kehadiran Jokowi disambut Menteri ATR/BPN Agus Harimurti Yudoyono, yang didampingi PJ Gubernur Jatim Ardhy Karyono, Pangdam V Brawijaya Mayjen TNI Rafael Granada Baay, Kapolda Jatim Irjen Pol Imam Sugianto, Danlanud Abdurahaman Saleh Malang Marsma TNI Firman Wirayuda,. 

Turut mendampingi Jokowi, Menteri PAN RB Abdullah Azwar Anas dan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.