Sukses

Adhy Karyono Resmi Jadi Penjabat Gubernur Jatim Gantikan Khofifah

Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Jawa Timur, Adhy Karyono yang sebelumnya menjabat Plh Gubernur kini secara resmi menjadi Pejabat (Pj) Gubernur.

Liputan6.com, Surabaya - Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Jawa Timur, Adhy Karyono yang sebelumnya menjabat Plh Gubernur kini secara resmi menjadi Pejabat (Pj) Gubernur.

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Jenderal Purnawirawan Polisi Tito Karnavian secara resmi melantik Adhy Karyono sebagai Pj Gubernur Jawa Timur.

"Mengangkat saudara Adhy Karyono sebagai Penjabat Gubernur Jawa Timur. Paling lama satu tahun," ujar Tito di kantor Kemendagri Jakarta, Jumat (16/2/2024).

Pelantikan ditandai dengan pembacaan Surat Keputusan (SK) Presiden yang dibacakan, dan diikuti secara lantang pernyataan kesediaan Adhy Karyono sebagai Pj Gubernur Jatim.

Tito juga menyampaikan keyakinannya jika Adhy Karyono mampu dan memiliki kualifikasi menjadi orang nomor satu di Jatim.

"Saya percaya anda dapat mengemban tugas," ucapnya.

Tito menuturkan bahwa, Jawa Timur adalah provinsi yang penting bagi Indonesia, karena merupakan provinsi terbesar kedua dengan jumlah daerah administrasi terbanyak di Indonesia yang memiliki 40 juta penduduk.

"Untuk itu kami menyampaikan terima kasih kepada Ibu Khofifah Pak Emil Dardak dan juga ibu Arumi Emil Dardak yang sudah bekerja keras selama lima tahun memimpin Jawa timur semoga pahala dan dukungan doa dari semua pihak bisa mengantarkan ibu Khofifah dan Pak Emil lebih baik ke depannya," tegas Tito.

Mendagri Tito juga memberikan sejumlah wejangan kepada Adhy yang akan mengemban jabatan sebagai Pj Gubernur Jatim. Sebagai Sekdaprov, tentu Adhy dikatakan Tito telah mengerti dan paham tentang seluk beluk dan kondisi Jatim.

Sementara itu, Adhy Karyono mengaku tidak ada persiapan khusus akan dilantik sebagai Pj Gubernur Jatim.

"Tidak ada persiapan khusus, yang penting saya bisa mengerjakan apa yang harus saya lakukan mulai hari ini," ujarnya.

Diketahui, Adhy Karyono akan mengemban amanah menjadi Pj Gubernur Jatim hingga terpilihnya gubernur dan wakil gubernur Jatim.

Pilkada Gubernur Jatim untuk masa kepemimpinan 2024-2029 rencananya akan dilaksanakan 27 November 2024.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pemilu Jatim Lancar

Sebelumnya, Adhy Karyono menegaskan bahwa pelaksanaan pemilu di Jatim berjalan baik, tertib dan kondusif. Hal itu juga ia pastikan langsung dengan meninjau lokasi pemungutan suara di dua kabupaten kota di Jatim hari ini. Untuk itu ia mengapresiasi seluruh pihak yang bertugas.

"Kedatangan kami untuk mengecek dan memastikan langsung proses pemilihan umum ini berjalan lancar dan aman. Secara umum pelaksanaan pemilu di Jawa Timur berjalan dengan baik, tertib dan kondusif. Terima kasih kepada seluruh pihak yang telah bekerja keras. Mulai dari bupati/walikota dan jajarannya juga KPPS dan KPUD serta dengan Bawaslu. Anda memang luar biasa,” pungkasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.