Sukses

Pasca Debat Cawapres, Pakar Digital Puji Penampilan Gibran

Pakar Digital Muhammad Arif memberikan apresiasi terhadap penampilan cawapres nomor dua Gibran Rakabuming saat Debat Cawapres Pemilu 2024 di Jakarta Convention Center pada Jumat, 22 Desember 2023.

Liputan6.com, Jakarta - Pakar Digital Muhammad Arif memberikan apresiasi terhadap penampilan cawapres nomor dua Gibran Rakabuming saat Debat Cawapres Pemilu 2024 di Jakarta Convention Center pada Jumat, 22 Desember 2023.

Gibran dalam debat tersebut menyoroti pentingnya pengembangan hilirisasi digital dalam mencapai tujuan Indonesia Emas 2045. Ia juga menekankan pentingnya melanjutkan dan menyempurnakan program pembangunan untuk menyetarakan Indonesia dengan negara maju.

Muhammad Arif menyatakan, komitmen Gibran terhadap hilirisasi digital merupakan elemen kunci untuk mewujudkan Indonesia Maju 2045.

"Saya kaget ketika mas Gibran mengungkapkan detail soal hilirisasi digital, pasalnya Gibran tau betul bagaimana membangun ekosistem digital yang positif, yakni dengan menumbuhkan talenta yang memiliki keterampilan masa depan atau ia sebut 'future skill'," kata Arif kepada media setelah menyaksikan debat tersebut.

Muhammad Arif, yang juga merupakan Ketua Umum APJII, menyebutkan bahwa pembahasan ekonomi digital oleh Gibran sangat relevan dengan situasi anak muda saat ini dan menjadi faktor kunci.

"Soal ekonomi digital yang dijelaskannya juga relevan dengan kondisi anak muda sekarang, sekaligus jadi faktor kunci," tambahnya.

Arif menilai bahwa penampilan Gibran dalam debat tersebut sangat mengesankan dan melebihi ekspektasi banyak pihak.

"Debat malam tadi memutar balikkan ekspektasi orang-orang yang tidak suka sama Gibran selama ini," ujarnya.

Muhammad Arif juga memperhatikan kesantunan Gibran yang terlihat ketika ia menunjukkan rasa hormat kepada dua kandidat lain dengan mencium tangan mereka.

"Sopan santun sangat tepat disematkan kepada Gibran melihat penampilannya dalam debat malam ini," pungkas Muhammad Arif.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Gibran Ramai Diperbincangkan

Data Drone Emprit menunjukkan, selama tiga hari terakhir, Gibran Rakabuming mendominasi perbincangan netizen mengenai calon wakil presiden. Cawapres kedua Gibran inilah yang senantiasa memimpin tren perbincangan dari ketiganya.

Mahfud MD di posisi terakhir, disusul Muhaimin Iskandar, kata Ismail Fahmi, pembuat Drone Emprit.

Gibran Rakabuming terkenal karena 114.405 pembicaraannya di media sosial dan media online. Mahfud MD berada di peringkat ketiga dengan 31.768 kontak, disusul Muhaimin Iskandar di peringkat kedua dengan 50.705 pembicaraan.

Di media online, Gibran Rakabuming menjadi orang yang paling disukai (55%), disusul Mahfud MD (20%) dan Cak Imin (25%).

Posisi teratas masih dipegang Gibran di X dengan share 58%, disusul Mahfud MD (16%) dan Cak Imin (26%).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.