Sukses

Dua Pegawai Honorer Narkoba di Pemkab Lumajang Langsung Dipecat, Hasil Tes Urine Positif

Dua pegawai honorer di Pemkab Lumajang, yakni GA dan MS, yang ditangkap polisi karena kasus narkoba langsung dipecat dari pekerjaannya.

 

Liputan6.com, Jakarta Dua pegawai honorer di Pemkab Lumajang, yakni GA dan MS, ditangkap polisi karena kasus narkoba. Mereka juga langsung dipecat dari pekerjaannya.

"Saya tidak perlu menunggu asas praduga tak bersalah ataupun proses hukum selesai, karena dua orang itu sudah terbukti dari tes urine positif menggunakan narkoba," katanya Pj Bupati Lumajang Indah Wahyuni atau Yuyun, Senin, 14 November 2023.

Ia menegaskan, Pemkab Lumajang mengedepankan integritas, sehingga tidak akan memberikan toleransi kepada ASN dan pegawai non-ASN yang bekerja di lingkungan pemerintah daerah setempat.

"Saya imbau ASN jaga disiplin, jaga integritas sebagai ASN. Apalagi terkait dengan narkoba, karena saya akan mengambil tindakan tegas untuk hal itu," tuturnya.

Menurut dia, Pemkab Lumajang tidak akan memberikan toleransi bagi siapa pun yang berkaitan dengan penyalahgunaan narkoba, terlebih bagi orang yang berstatus sebagai aparatur Pemkab Lumajang. Oleh sebab itu, sebagai bupati pihaknya berpesan agar ASN menjauhkan diri dari narkoba.

"Siapa pun yang bermain-main dengan narkoba pasti akan saya ambil tindakan pemberhentian dan diproses sesuai ketentuan perundang-undangan yang berlaku," katanya.

Ia berharap ASN Pemkab Lumajang mampu menjadi contoh bagi masyarakat, bukan sebaliknya. Ia pun memerintahkan kepada seluruh jajaran pimpinan perangkat daerah agar lebih ketat lagi melakukan pengawasan di internal masing-masing.

Yuyun berterima kasih kepada Polres Lumajang, karena tindakan tegas yang itu menjadi salah satu langkah pembinaan yang lebih intens kepada seluruh pegawai di lingkungan pemerintahan daerah setempat.

"Saya sudah minta kepada Sekda untuk dilakukan tes urine kepada jajaran ASN yang tugasnya melekat kepada saya, maupun seluruh pegawai di lingkungan Pemkab Lumajang," ujarnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Penangkapan di Luar Rumah Dinas

 

Yuyun mengatakan bahwa tidak ada penangkapan atau penggerebekan yang dilakukan di area Pendapa Arya Wiraraja Lumajang karena petugas kepolisian melakukan penangkapan di luar area pendapa secara terpisah.

"Polisi mencurigai adanya barang bukti yang disimpan di pendapa karena salah satu tersangka bekerja di rumah dinas Bupati Lumajang atau area Pendapa Wiraraja," katanya.

Sementara Kapolres Lumajang AKBP Boy Jeckson mengatakan dua pegawai honorer berinisial GA dan MS tertangkap setelah dilakukan pengembangan kasus narkoba di Desa Labruk.

"Jajaran Satreskoba Polres Lumajang terus mengembangkan kasus tersebut karena kasus yang kini ditangani sangatlah vital dan perlu ditindaklanjuti serius," tuturnya.

Dari hasil penggeledahan di kamar MS tidak ditemukan barang bukti jenis sabu. Pihak berwajib hanya menemukan seperangkat klip plastik dan pipet.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.