Sukses

Capres Kompak Datangi Jatim di Waktu Bersamaan, Anies: Tidak Ada Komunikasi, Hanya Kebetulan

Bakal capres Anies Baswedan mengatakan, Anies menyatakan kalau dirinya tidak berkomunikasi dengan bacapres lain, Ganjar dan Prabowo untuk menentukan kunjungan. Dia mengaku tidak tahu mengenai jadwal kunjungan bacapres lain. Menurutnya, jadwal ke Jatim hanyalah kebetulan sedang bersamaan.

Liputan6.com, Surabaya - Sejumlah bakal calon presiden, Anies Baswedan, Ganjar Pranowo dan Prabowo Subianto, secara hampir bersamaan mendatangi Jawa Timur untuk penggalangan dukungan jelang Pilpres 2024. Mereka sowan ke sejumlah tokoh masyarakat dan kiai yang ada di Jatim.

Bakal capres Anies Baswedan mengatakan, Anies menyatakan kalau dirinya tidak berkomunikasi dengan bacapres lain, Ganjar dan Prabowo untuk menentukan kunjungan. Dia mengaku tidak tahu mengenai jadwal kunjungan bacapres lain. Menurutnya, jadwal ke Jatim hanyalah kebetulan sedang bersamaan.

"Mungkin kebetulan jadwalnya, pas kebetulan. Tidak ada yang khusus. Kalau terkait kegiatan ini (ke Ponpes Sidosermo Surabaya), beliau (pengasuh ponpes) sudah berikan undangan sejak 10 Agustus," ucapnya, Minggu 1 Oktober 2023.

"Pada 10 agustus sudah mengundang, kami menjadwalkan. Kebetulan yang lain juga ke sini (Surabaya)," tambah Anies.

Sebenarnya, kata Anies, dirinya sudah beberapa hari di Jatim. Dia bersama Bacawapres Muhaimin Iskandar berkunjung ke para kiai untuk meminta restu akan maju sebagai Capres dan Cawapres 2024. Menurutnya, tanggapan dari para kiai yang dikunjungi sangat positif.

"Kami jumpa (kiai NU) hari Jumat kemarin, di Jombang. Kami bersyukur atas kepercayaannya akan membantu dengan sebaik-baiknya," ujar Anies.

Diketahui, Anies Baswedan meresmikan Posko Aswaja Jawa Timur di Jalan Sidosermo Surabaya, Minggu malam, 1 Oktober 2023. Kehadirannya juga untuk menghadiri acara Haul ke-78 Mbah Sayyid Sulaiman di Pondok Pesantren An-Najiyah.

Anies tiba di lokasi sekira pulul 20.30 WIB. Ia mengenakan songkok hitam, pakaian putih dengan celana kain hitam.

Anies langsung disambut para santri berbaris membentuk pagar betis dengan mengumandangkan Thola'al Badru Alaina. "Assalamualaikum," kata Anies, menyapa masyarakat yang telah menunggu.

Setelahnya, Anies kemudian meresmikan Posko Aswaja Jawa Timur. Ia kemudian langsung masuk ke dalam ruang transit, sebelum menghadiri acara haul di ponpes An-Najiyah, yang bersebelahan dengan Posko Aswaja.

Anies Baswedan mengajak warga Kota Surabaya bersama mewujudkan agenda perubahan yang selama ini digaungkan bersama Muhaimin Iskandar.

"Perubahan ini tidak bisa dikerjakan sendiri, umat harus bekerja bersama," kata Anies.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ajak Warga Salurkan Hak Pilih

Perubahan yang didasari adanya keterlibatan banyak pihak diyakininya mampu berdampak pada peningkatan kesejahteraan masyarakat.

"Insya Allah negeri ini sejahtera, gemah ripah loh jinawi," ucapnya.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu juga meminta didoakan oleh warga Kota Surabaya agar langkahnya bersama Muhaimin Iskandar mengarungi Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 bisa berujung kemenangan.

"Doakan perjuangan ini, bantu perjuangan ini insya Allah dibukakan pintu-pintu keberhasilan untuk kami. Insya Allah perubahan siap saya lakukan," katanya.

Di sisi lain, dia mengingatkan masyarakat di kota setempat bisa menyalurkan hak pilihnya saat agenda pemilihan umum (pemilu) yang digelar tahun depan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.