Sukses

Khofifah Geber Operasi Pasar Stabilkan Harga Bahan Pokok di Jatim

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur (Jatim) mengintensifkan operasi pasar sebagai upaya menstabilkan harga bahan pokok, sekaligus dalam rangkaian Hari Jadi Ke-78.

 

Liputan6.com, Surabaya - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur mengintensifkan operasi pasar sebagai upaya menstabilkan harga bahan pokok, sekaligus dalam rangkaian Hari Jadi Ke-78. 

Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa menyatakan, operasi pasar digelar di kabupaten/kota dan di Jombang pelaksanaan operasi pasar merupakan titik ke-16.

"Kami siapkan harga bahan pokok yang lebih murah dari harga di pasaran. Kami melakukan hal yang sama persis seperti ini di Bondowoso, begitu juga di tempat-tempat yang lain. Semoga ini bisa meringankan beban masyarakat," katanya, Senin 18 September 2023.

Dalam operasi pasar tersebut, lanjutnya, setiap titik wajib ada beras, minyak goreng, dan gula pasir, yang dijual di bawah harga di pasar. Hal itu guna menjaga stabilitas harga bahan pokok, utamanya beras yang harganya sedang naik.

"Pemprov Jatim terus membangun sinergitas untuk stabilisasi harga bahan pokok utamanya beras. Harapannya masyarakat bisa mengakses bahan pokok dengan harga lebih murah," katanya.

Harga beras naik, kata dia, dipicu kenaikan harga Gabah Kering Giling (GKG) dan Gabah Kering Panen (GKP) sejak masuk ke tempat penggilingan, sehingga di atas Harga Eceran Tertinggi (HET).

"Saya sampaikan bahwa GKG dan GKP sampai di penggilingan itu memang harganya sudah di atas HET. Namun, kami juga berharap kenaikan di penggilingan ini akan bisa dinikmati oleh para petani kita," ujarnya.

Ia mengatakan kenaikan harga beras di banyak wilayah membuat Jatim harus menyuplai beras di lebih banyak wilayah di Indonesia. Biasanya Jatim menyuplai 16 provinsi di luar Sulawesi Selatan dan di luar Sumatera. Bahkan saat ini Riau dan Bangka Belitung juga disuplai dari Jatim.

"Jadi, saat ini kami terus melakukan berbagai ikhtiar untuk bisa menyiapkan kebutuhan warga bangsa, bukan hanya untuk warga Jatim," ucapnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bermanfaat bagi Warga

Bupati Jombang Mundjidah Wahab mengatakan operasi pasar murah sangat bermanfaat bagi warga.

"Atas nama masyarakat dan Pemkab Jombang kami sampaikan terima kasih Ibu (Khofifah) yang hari ini telah membahagiakan masyarakat Jombang," ucapnya.

Harga bahan pokok rata-rata di Kabupaten Jombang per tanggal 17 September 2023 antara lain beras medium Rp10.633/kg dengan HET Rp10.900/kg, Minyakita Rp14.833/liter dengan HET Rp14.000/liter, gula pasir Rp13.167/kg dengan HET Rp14.500/kg, dan telur ayam ras Rp25.860/kg dengan HET Rp27.000/kg.

Sedangkan di operasi pasar yang digelar Pemprov Jatim, beras medium dijual dengan harga Rp10.200/kg, gula pasir Rp13.000/kg, minyak goreng Rp13.000/liter, telur ayam ras Rp23.000/kg, dan bawang putih Rp 28.000/kg.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.