Sukses

Kemensos Siapkan Duta Cinta Lansia Usia Dini Jelang HLUN 2023, Seleksi 550 Siswa di Dharmasraya

Direktur Rehabilitasi Sosial Lanjut Usia Kemensos Supomo menyatakan, pihaknya menyiapkan duta cinta lanjut usia (lansia) di usia dini menjelang peringatan Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) Ke-27 di Kabupaten Dharmasraya, Sumatra Barat pada 29 Mei 2023.

Liputan6.com, Jakarta - Direktur Rehabilitasi Sosial Lanjut Usia Kemensos Supomo menyatakan, pihaknya menyiapkan duta cinta lanjut usia (lansia) di usia dini menjelang peringatan Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) Ke-27 di Kabupaten Dharmasraya, Sumatra Barat pada 29 Mei 2023.

Pemilihan duta cinta lansia digelar dalam salah satu rangkaian "Bimbingan Teknis Peningkatan Kepedulian dan Perawatan Lansia" jelang HLUN 2023. Bimtek diikuti 550 siswa dan siswi SD kelas V dan VI dan SMP kelas VII dan VIII di 11 kecamatan di Kabupaten Dharmasraya.

Setelah bimtek tersebut, digelar duta lansia dari anak usia belia dengan dua target penting, yaitu pertama tumbuh kesadaran dan pemahaman bagi anak.

“Kedua, ke depan berkurang lansia yang ditelantarkan keluarga. Kalau toh masih ada yang ditemui lansia tunggal dan tidak punya siapa-siapa,serta harus dirawat oleh pemerintah pusat, provinsi, kabupaten/kota serta LKS yang concern dengan lansia,” ujarnya, Jumat (26/5/2023).

Pemilihan duta lansia berdasarkan hasil pengamatan dan penilaian atas keseriusan, keaktifan, komitmen yang diperhatikan peserta selama mengikuti bimtek sehingga pada akhir acara akan dipilih 12 peserta yang akan dinobatkan sebagai duta lansia.

“10 duta lansia akan diikutsertakan secara daring dalam acara puncak peringatan HLUN ke-27 dan dua duta lansia akan menghadiri di halaman Kantor Bupati Dharmasraya di mana akan dipasangkan selempang duta lansia oleh Ibu Menteri Sosial didampingi Bupati Dharmasraya,” kata dia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Peserta Mengaku Senang

Salah seorang peserta yang juga siswa kelas V SD 08 Pulau Punjung, Amar (12), mengaku senang bisa mengikuti bimtek dengan menghadirkan para narasumber yang menyenangkan.

“Saya senang sekali bisa mengikuti kegiatan bimtek tentang kepedulian dan perawatan lansia, bisa nambah teman juga, ditambah nanti disediakan hadiah berupa 'door prize' (undian berhadiah),” ucap Amar.

Bimtek digelar selama satu hari dengan menghadirkan dua narasumber, Agus Widiatmo dan Mirsal Gani, dengan tema besar "Membahagiakan Lansia di Usia Senjanya".

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.