Sukses

Deretan Tempat Pariwisata di Lumajang Ini Cocok Jadi Tujuan Libur Panjang Lebaran

Jumlah wisatawan yang akan berkunjung ke berbagai destinasi wisata di Lumajang, diperkirakan akan melonjak pada libur Lebaran tahun ini.

Liputan6.com, Lumajang - Jumlah wisatawan yang akan berkunjung ke berbagai destinasi wisata di Lumajang, diperkirakan akan melonjak pada libur Lebaran tahun ini. Hal itu diprediksi akibat tak adanya lagi penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat atau PPKM.

"Mudik Lebaran tahun ini tentu berbeda dengan tahun sebelumnya. Libur panjang dan kondisi transisi dari pandemi ke endemi membuat lebaran tahun ini, utamanya bagi masyarakat yang mudik atau pulang kampung ke Lumajang, bisa sekaligus berwisata," kata Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Lumajang Yuli Harismawati, Senin (24/4/2023).

Yuli Haris mengatakan, beberapa destinasi wisata unggulan di Lumajang siap memikat hati para wisatawan, karena sangat menarik untuk dikunjungi.

Di antaranya, Air Terjun Tumpak Sewu di Desa Sidomuoyo Kecamatan Pronojiwo, Goa Tetes di Desa Sidomulyo, Kecamatan Pronojiwo, Tirto Sari View di Desa Penanggal Kecamatan Candipuro.

Kemudian, Hutan Bambu di Desa SumberMujur Kecamatan Candipuro, You and I Garden di Desa Sumbermujur, Kecamatan Candipuro, Kali Sejuk di Desa Purwosono Kecmatan Sumbersuko, Tumpak Selo di Desa Petahunan Kecamatan Sumbersuko, Bumi Perkemahan Glagah Arum di Desa Kandang Tepus, Kecamatan Senduro, Air Terjun Kapas Biru di Kecamatan Pronojiwo.

Selanjutnya, B29 Puncak Desa Argosari Kecmatan Senduro, Ranu Regulo dan Ranu Pani Desa Ranupani Kecamatan Senduro, Air Terjun Watu Lapis di Desa Pasrujambe Kecamatan Pasrujambe, Ranu Klakah Kecamatan Klakah, Ranu Bedali Kecamatan Ranuyoso, Kebun Teh Kertowono Anjungan Kenangan Kecamatan Gucialit.

Ada juga Pantai Mbah Drajid Kecmatan Yosowilangun, Pantai Dampar di Desa Gondoruso Kecamatan Pasirian, Pantai Watu Pecak di Desa Selok Awar Awar, Water Park KWT Wonorejo Kecamatan Kedungjajang, Pemandian Tambo Raya Idaman dan Sirkuit Sepatu Roda Tambo Raya, serta Pemandian Alam Selokambang di Desa Purwosono Kecamatan Sumbersuko.

Selain itu, kata Yuli Haris, bahwa untuk mengantisipasi lonjakan pengunjung, pihaknya telah melakukan persiapan, yakni berkoordinasi dengan seluruh pengelola tempat wisata yang salah satunya adalah Membuat Surat Edaran agar pengelola tempat wisata dapat memberikan kenyamanan dan keamanan bagi para pengunjung, sehingga Memberikan citra baik kepada para wisatawan dengan menjaga kebersihan, keramahtamahan, memberikan pelayanan yang baik

Oleh karena itu, dirinya juga mengimbau pengunjung untuk dapat menjaga ketertiban, kemanan barang pribadi dan kebersihan. Selain itu, Pengunjung diharapkan dapat membuang sampah di tempat sampah yang telah disediakan agar kenyamanan tempat wisata tetap terjaga.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tips Berwisata di Lumajang

Dalam kesempatan itu, Yuli Haris juga membagikan tips bagi para pengunjung wisata diantaranya:

1. Tentukan Destinasi Wisata sebelum berangkat. Cari informasi melalui Instagram atau medsos.

2. Siapkan dana, manfaatkan libur Lebaran untuk healing apalagi yang hobby traveling.

3. Nikmati aneka kuliner di tempat wisata.

4. Jangan lupa beli oleh-oleh khas Lumajang.

5. Sampaikan dan informasikan keindahan wisata di Lumajang ke teman, keluarga, kolega dan unggah di media sosial pribadi.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.