Sukses

PMI Jember Pastikan Stok Darah Selama Ramadhan dan Lebaran Aman

Stok darah di Kabupaten Jember, selama bulan Ramadhan hingga Hari Raya Idul Fitri nanti dipastikan aman.

Liputan6.com, Jember - Stok darah di Kabupaten Jember selama bulan Ramadhan hingga Hari Raya Idul Fitri nanti dipastikan aman.

“Alhamdulillah stok darah kita aman untuk kebutuhan selama Ramadahan ini. Karena PMI bersama Pemerintah Jember berkeliling ke masjid- masjid di beberapa kecamatan untuk mengencarkan kegiatan donor darah agar stok darah tercukupi,”ujar Ketua PMI Jember M Thamrin, Kamis (6/4/2023).

Kata dia, kegiatan Jember Berbagi yang selalu dihadiri Bupati Jember Hendy Siswanto bersama jajarannya organisasi perangkat daerah juga diselingi dengan kegiatan donor darah.

“Mudah-mudahan menbawa berkah di bulan Ramadhan karena donor darah banyak manfaatnya, di antaranya orang yang donor selalu Bahagia karena telah mendonorkan darahnya untuk orang lain,” paparnya.

Ia menjelaskan, donor darah banyak manfaatnya bagi tubuh manusia, di antaranya bisa menurunkan berat badan, awet muda, dan bisa berbagi dengan sesama manusia.

“Selama Ramadhan kami terus bergerak menggelar serangkaian kegiatan donor darah di malam hari usai umat Muslim Menjalankan Shalat Tarawih di sejumlah masjid kita bersama tim selalu melakukan kegiatan jemput bola donor darah,”katanya.

Thamrin menambahkan, pihaknya terus berusaha mencukupi kebutuhan stok darah, jangan sampai stok darah di Kabupaten Jember Habis karena PMI Jember melayani tujuh kabupaten yakni Lumajang, Kabupaten Probolinggo, Kota Probolinggo, Jember, Bondowoso, Situbondo dan Banyuwangi

“Alhamdulillah antusias masyarakat untuk berdonor cukup tinggi, namun saying terkadang tertolak dan tidak lolos skrining,”paparnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Stok Darah PMI Jember

Berdasarkan data informasi stok darah PMI Jember hinga Kamis (6/4/2023) pukul 09.13 Wib, tercatat golongan darah A komponen darah WB sebanyak 8 kantong PRC sebanyak 127 kantong, TC sebanyak 14 kantong, dan FFB sebanyak 14 kantong.

Sedangkan golongan darah B Komponen darah Wb sebanyak 3 kantong PRC 257 Kantong TC kosong dan FFP Sebanyak 13 Kantong.

Untuk golongan darah AB jenis komponen darah WB tercatat 2 kantong 76 kantong PRC, 1 kantong TC, 4 kantong FFP, kemudian golongan darah O jenis komponen darah WB sebanyak 6 kantong 215 kantong PRC, 8 kantong TC, dan 24 kantong FFP.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.