Sukses

Akses Jalan Dibangun, Kunjungan Wisatawan ke Merak Baluran Situbondo Melonjak

Otoritas Taman Nasional Baluran Situbondo mencatat peningkatan jumlah kunjungan wisatawan seiring dibangunnya infrastuktur jalan menuju sejumlah objek wisata pantai itu.

Liputan6.com, Situbondo - Otoritas Taman Nasional Baluran Situbondo mencatat peningkatan jumlah kunjungan wisatawan ke Merak Baluran seiring dibangunnya infrastuktur jalan menuju sejumlah objek wisata pantai itu.

“Mulai Januari hingga Februari 2023 jumlah wisatawan Watunumpuk luar biasa dibandingkan sebelumnya. Bahkan, yang dulunya libur akhir pekan hanya ada sekitar 10-20 wisatawan, sejak pembangunan akses  jalan rampung bisa hampir 100 orang pengunjung,” ujar Kepala Resort Watunumpuk Taman Nasional Baluran Situbondo Nur Khozeini, Rabu (8/3/2023).

Pemkab Situbondo membuka dan membangun akses jalan ke kawasan Wisata Merak Baluran karena selain untuk akses masyarakat di Dusun Lebuhan merak, Desa Sumberwaru, Kecamatan Banyuputih, juga sekaligus akses menuju sejumlah objek wisata pantai yang potensial.

Menurut dia, wisatawan lokal maupun luar daerah berkunjung ke kawasan Wisata Merak Baluran melalui pintu masuk Pos Watunumpuk, tujuannya ke Pantai Sijile, Pantai Blik, Pantai Merak, Pantai Lempuyang, Pantai Kakapa, Pantai Belanan dan Pantai Sirondo.

Untuk rata-rata wisatawan yang berkunjung ke Pantai Sijile, yaitu pantai berpasir putih dan punya dua muara yang terpecah darat dan membentuk seperti lidah menjulur. Laut di Sijile juga penuhi terumbu karang, hingga hutan bakau dan pemandangan Gunung Baluran.

“Pengunjung yang membawa mobil pribadi maupun sepeda motor biasanya juga beritirahat di Pantai Bilik, yang lokasinya tak jauh dari Pantai Sijile,” tambah Nur Khozeini.

Dia menyebutkan, harga tiket masuk ke kawasan Wisata Merak Baluran melalui Pos Watunumpuk pada hari kerja Rp 6.000 pe orang termasuk asuransi Rp 1.000. Tiket  sepeda motor Rp5.000 dan mobil Rp10.000

“Untuk hari libur tiket masuk berbeda yakni Rp8.500 per orang termasuk juga asuransi Rp1.000,” tambahnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kesejahteraan Masyarakat

Bupati Situbondo Karna Suswandi mengatakan, tujuan utama membangun akases jalan adalah untuk kesejahteraan masyarakat di Dusun Lebuhan Merak dan peningkatan perekonomian warga dari dampak akases yang layak tersebut.

“Kami membangun tujuan utamanya untuk kesejahteraan masyarakat bukan PAD. Pendapatan asli daerah atau PAD akan berjalan beriringan. Karena ketika banyak pengunjung ke kawasan Wisata Merak Baluran, uang beredar akan semakin banyak, sehingga pertumbuhan ekonomi masyarakat makin baik,” tambahnya.

Pada tahun anggaran 2022, Pemkab Situbondo mengalokasikan miliaran rupiah  untuk membuka dan membangun akases jalan sejauh 10 kilometer dari Dusun Sidomulyo ke Dusun Labuhan Merak, Desa Sumberwaru. Sebab selama ini hanya bisa dilalui kendaraan roda dua saja.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.