Sukses

5 Polisi di Jateng Diduga Jadi Calon Penerimaan Bintara, Lemkapi: Usut Secara Pidana

Lima oknum polisi diduga menjadi calo penerimaan Bintara Polri pada seleksi 2022. Mereka adalah Kompol AR, Kompol KN, AKP CS, Bripka Z dan Brigadir EW.

Liputan6.com, Jakarta - Lima oknum polisi diduga menjadi calo penerimaan Bintara Polri pada seleksi 2022. Mereka adalah  Kompol AR, Kompol KN, AKP CS, Bripka Z dan Brigadir EW.

Lembaga Kajian Strategis Kepolisian Indonesia (Lemkapi) meminta Polri agar kasus dugaan suap penerimaan calon polisi di Polda Jateng diusut secara pidana.

"Selain mendapat sanksi administrasi dalam sidang Komisi Kode Etik Polri, Polri perlu mendalami apakah ada unsur pidana di dalamnya," kata Direktur Eksekutif Lemkapi Edi Hasibuan, Rabu (8/3/2023), dikutip dari Antara.

Menurut dia, perilaku sejumlah oknum polisi di Polda Jateng yang terlibat suap penerimaan Bintara Polri 2022 memprihatinkan dan memalukan bagi Polri .

"Saat Kapolri terus berbenah dan terus memperbaiki citra dan bekerja keras meningkatkan kepercayaan publik, masih ada juga oknum Polri yang menyimpang dan menyalahgunakan wewenang," katanya.

Mantan komisioner Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) ini mendukung perintah Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo yang bakal memproses polisi yang terlibat suap penerimaan bintara Polri 2022.

"Kita yakin Kapolri tidak pernah ragu menindak perwira atau pejabat Polda Jateng sekalipun, jika ada indikasi mereka terlibat," katanya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Diperiksa Propam

Sebelumnya, Bidang Profesi dan Pengamanan (Propam) Polda Jawa Tengah memeriksa lima oknum polisi yang diduga menjadi calo dalam penerimaan Bintara Polri 2022.

Kabid Humas Polda Jawa Tengah Kombes Pol Iqbal Alqudusy dalam siaran pers yang diterima di Semarang, Jumat (3/3) mengatakan kelima oknum polisi terjaring dalam operasi tangkap tangan oleh Divisi Propam Mabes Polri.

Baca juga: Kapolri ancam copot panitia penerimaan anggota Polri yang terima suap

Kelima oknum tersebut adalah Kompol AR, Kompol KN, AKP CS, Bripka Z dan Brigadir EW.

Selain itu, dua oknum ASN Polri yang juga terlibat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.