Sukses

Identitas Jasad Wanita Bugil di Air Terjun Lider Banyuwangi Terungkap, Menghilang 10 Hari

Liputan6.com, Banyuwangi - Identitas jasad wanita bugil di area wisata air terjun Lider, Kecamatan Songgon Banyuwangi, terungkap. Dia adalah, SS (60) warga Desa Barurejo, Kecamatan Siliragung, Banyuwangi.

Kepastian itu didapat setelah keluarga mendatangi RSUD Blambangan. Usai melihat jenazah secara langsung, keluarga mengakui bahwa itu adalah SS saudara mereka yang hilang.

Adik ipar korban, Agustinus Eko Utomo (61) mengatakan, korban telah menghilang sejak 10 hari lalu. Korban memiliki riwayat penyakit mental. Saat penyakitnya kumat, korban kerab meninggalkan rumah dan berjalan tanpa arah.

"Korban di rumah tinggal sendiri. Anak-anaknya semua di luar kota. Dia memang punya penyakit semacam stres. Ini sudah yang ketiga kalinya kumat," ujar Agus, Selasa (29/11/2022).

Sejak korban meninggalkan rumah, kala itu keluarga sudah berupaya mencari. Namun saat itu upayanya tidak membuahkan hasil. Ia kemudian diberitahu oleh para tetangga. Bahwa di media sosial sedang ramai pemberitaan tentang penemuan sesosok jasad wanita di air terjun lider.

"Akhirnya saya cek di RSUD dan ternyata benar itu kakak saya. Setelah itu jenazahnya kami urus," kata dia.

Ia menyebut kelurga cukup terpukul. Anak-anak korban yang berada di luar kota rencananya juga pulang. Jenazah SS langsung dimakamkan.

"Keluarga hanya bisa ikhlas dan jenazah mau langsung kami makamkan," tegasnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Korban Memiliki Riwayat Gangungan Jiwa

Sementara itu Kanitreskrim Polsek Songgon, Aipda Efendi Suryanto masifnya pemberitaan membantu polisi untuk mengungkap teka-teki identitas korban.

"Akhirnya terungkap setelah keluarga korban datang. Ternyata korban adalah SS warga Barurejo, Kecamatan Siliragung," kata Aipda Efendi.

Dari keterangan keluarga, Aipda Efendi mengatakan korban memiliki riwayat gangguan jiwa. Ini bukan kali pertama korban meninggalkan rumah. Korban sebelumnya sempat hilang dan ditemukan telanjang di daerah Kecamatan Tegalsari Banyuwangi. Korban juga sempat diperiksakan ke Rumah Sakit Jiwa Malang.

"Keluarga menolak otopsi dan memilih langsung memakamkan jenazah korban," tegasnya.

Sebagai informasi, sesosok mayat tanpa busana ditemukan di area wisata air terjun Lider, Kecamatan Songgon, Banyuwangi, Minggu (27/11/2022).

Mayat perempuan ini pertama kali ditemukan oleh warga yang saat itu hendak memancing. Saat ditemukan mayat dalam keadaan tertelungkup di antara bebatuan. Kondisinya sudah membusuk dipenuhi belatung dan menimbulkan bau tak sedap.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS