Sukses

Vakum 2 Tahun Akibat Covid-19, Kirab Ancak Agung Digelar Kembali di Situbondo

Liputan6.com, Situbondo Pemkab Situbondo Kembali menggelar kirab ancak agung setelah sempat vakum dua tahun akibat pandemi Covid-19.

Tradisi kirab ancak agung ini diikuti ASN di lingkungan Pemkab Situbondo dalam rangka memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW.

Kiraban ancak agung merupakan tradisi warga Situbondo dan dilaksanakan setiap bulan Maulid. Ancak agung berisikan hasil bumi seperti jagung, padi dan buah- bauhan. Ancak agung dikirab menuju masjid agung All Abror Situbondo sebagai bentuk rasa syukur kepada Allah SWT. Setelah itu ancak agung dibagikan kepada warga.

“Tahun ini kirab ancak agung dilaksanakan dengan meriah. Mudah-mudahan kita mendapat syafaat Baginda Rasulillah,”kata Bupati Situbondo Karna Suwandi, Jumat (21/10/2022).

Menurut Karna Suwandi, kirab ancak agung merupakan agenda tahunan. Mulai tahun ini kegiatan kirab ditambahkan dengan event Pesona (Pekan Sholawat Nusantara) Kegiatan pesona ini digelar selama lima hari di alun-alun Situbondo.

“Kita semua cinta sholawat oleh karena itu, kita masukan kegiatan kirab ancak agung dan pesona menjadi calender event tahunan Pemkab Situbondo,” paparnya.

Kegiatan pesona disambut antusias para pecinta sholawat dari berbagai daerah. Saat ini peserta pekan salawat nusantara yang terdaftar berasal dari berbagai daerah di Indonesia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Diikuti Peserta Seluruh Indonesia

“Alhamdulillah kegiatan pesona ini disambut antusias pecinta salawat. Peserta yang sudah mendaftar tidak hanya dari Jawa Timur melainkan dari DKI Jakarta, Jawa Tengah, Bali, Lombok NTB dan sejumlah daerah lainya,” tambah Karna Suwandi.

Kegiatan pesona digelar sejak 20 hingga 25 Oktober di alun-alun Situbondo. Peserta dari Jawa Timur yang mengikuti kegiatan ini diantaranya dari Situbondo, Bondowoso, Banyuwangi, Jember, Probolinggo, Lumajang, Malang, Surabaya, dan Nganjuk.

Sedangkan peserta pesona dari luar Jawa Timur diantarnya DKI Jakarta, Jawa Tengah , Bali dan NTB.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS