Sukses

Banjir Tempursari Lumajang Mulai Surut, BPBD Salurkan Bantuan Logistik

Petugas Pusdalops BPBD Kabupaten Lumajang Nur Cahyo menyampaikan, total ada 414 kepala keluarga yang terdiri dari warga Desa Purorejo, Bulurejo dan Pundungrejo mengungsi selama rumah tergenang banjir.

Liputan6.com, Lumajang - Banjir di  Kecamatan Tempursari Lumajang mulai surut. Warga yang sebelumnya mengungsi, mulai kembali ke rumah masing-masing untuk membersihkan sisa genangan air dan lumpur yang masuk ke rumah.

Petugas Pusdalops BPBD Lumajang Nur Cahyo menyampaikan, total ada 414 kepala keluarga yang terdiri dari warga Desa Purorejo, Bulurejo dan Pundungrejo mengungsi selama rumah tergenang banjir. 

"Kemarin masyarakat evakuasi mandiri dengan didampingi perangkat desa ke rumah tetangga yang posisi rumahnya di posisi ketinggian, sekarang sudah berangsur surut," ujar dia, Rabu (19/10/2022).

Tim logistik BPBD Lumajang juga telah menyalurkan bantuan logistik ke Kantor Pemerintah Desa setempat, untuk kemudian disalurkan kepada sejumlah warga yang terdampak banjir.

"Bantuan logistik sudah meluncur, TRC BPBD Kabupaten Lumajang sampai saat ini masih melakukan asesmen lanjutan bersama Perangkat Desa," katanya.

Dalam laporan TRC BPBD Lumajang, ada empat rumah warga yang tertimpa material longsor, yaitu rumah milik Sanali, warga Dusun Pasirejo RT 003 RW 007, rumah milik Sutris,  warga Dusun Pasirejo RT 003 RW 007, rumah milik Ponidi, warga Dusun Pasirejo RT 003 RW 007 dan rumah milik Siti Sumaniah, warga Dusun Krajan RT 003 RW 001 Desa Pundungsari.  

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Layanan Call Center

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lumajang membuka pelayanan penanggulangan bencana melalui Call Center maupun radio Handy Talky (HT).

Kepala Bidang Pencegahan, Kesiapsiagaan dan Logistik BPBD Lumajang Wawan Hadi Siswoyo menerangkan, bahwa jika terjadi bencana di sekitar, masyarakat bisa menghubungi Call Center Pusdalops BPBD di nomor 081234570077, Repeater BPBD pada 162.130 MHz input 158.365 MHz (Tone 123.0), dan layanan bisa dihubungi 24 jam.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.