Sukses

Dukung Kedaulatan Pangan Lewat Lomba Masak Resep Mustika Rasa PDIP Jatim

Liputan6.com, Surabaya - Ketua DPD PDI Perjuangan Jawa Timur Kusnadi mengatakan, pihaknya bakal terus berupaya mendukung terwujudnya kedaulatan pangan, khususnya di Jatim. Salah satunya, dengan merutinkan lomba memasak resep Mustika Rasa.

"Gelar lomba memasak terbesar se-Jawa Timur pasca pagebluk Covid-19 ini bisa menjadi jalan bagi Indonesia menuju kedaulatan pangan, khususnya di Jawa Timur," ujarnya usai acara lomba memasak Resep Mustika Rasa di Kawasan Simpang Lima Gumul, Kabupaten Kediri, Senin (18/7/2022).

Sebab, lanjut Kusnadi, 1.600-an resep kekayaan kuliner Nusantara dalam buku Mustika Rasa, bahan baku dan bumbu-bumbunya semua tanaman hasil bumi yang ada di tanah air.

Hal ini pun, sebutnya, sejalan dengan upaya Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri yang terus menggelorakan kedaulatan pangan. Seperti yang diinstruksikan kepada kader Banteng, khususnya yang menjabat kepala daerah untuk menanam 10 tanaman pendamping beras.

"Bung Karno sebagai presiden pertama telah mewariskan kepada kita resep masakan Nusantara, yang seluruh bahannya asli dari bumi Indonesia. Sehingga ini bisa menjadi panutan dalam mengolah makanan sehari-hari," ucap Kusnadi.

Politisi yang juga Ketua DPRD Jatim tersebut menyatakan, acara semacam ini akan menjadi agenda rutin tiap tahunnya, dan akan menyebar ke berbagai daerah lainnya.

"Manfaat gebyar lomba seperti ini harus berdampak kepada seluruh rakyat di berbagai penjuru daerah," ujar Kusnadi.

Kusnadi juga berharap agar lomba memasak Mustika Rasa mampu menjadi semangat kebangkitan masyarakat Jawa Timur untuk kembali ke dapur.

Menurutnya, saat ini sudah jarang masyarakat mau memasak di dapur sendiri dan lebih memilih membeli makanan cepat saji.

"Padahal berbagai jenis bahan pangan sudah ada di sekitar kita, siap untuk diolah menjadi beraneka ragam jenis masakan," ucap Kusnadi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

1.576 Peserta

Diketahui, lomba memasak sesuai buku resep Mustika Rasa yang disusun pemerintah Indonesia atas inisiasi Presiden RI Soekarno dan diterbitkan pada 1967 itu sebagai rangkaian acara memperingati Bulan Bung Karno.

Tercatat sebanyak 1.576 peserta memarakkan lomba memasak yang juga menyedot animo 5.000 lebih masyarakat Kediri Raya ini. Peserta lomba tak hanya dari Kediri Raya, namun juga datang dari kabupaten/kota di Jatim, bahkan dari Jawa Tengah.

Lomba Memasak Resep Mustika Rasa memperebutkan hadiah utama berupa tiga unit sepeda motor, empat ekor kambing, dan puluhan perabotan elektronik.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.