Sukses

53 Anggota Khilafatul Muslimin Jatim Deklarasi Setia NKRI

Irjen Nico mengungkapkan, perbedaan yang ada sudah dibungkus dengan nama Pancasila dan dibawanya diikat Bhinneka Tunggal Ika Itu

Liputan6.com, Jakarta Sebanyak 53 anggota Khilafatul Muslimin di Jatim membacakan lima poin deklarasi untuk kembali setia kepada Pancasila dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Kapolda Jatim Irjen Pol Nico Afinta mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang melakukan komunikasi kemudian pencerahan dan kebersamaan sehingga anggota Khilafatul Muslimin mau berikrar tetap setia kepada pancasila dan NKRI.

"Hal ini mudah-mudahan bisa membawa hal yang positif kepada saudara-saudara kita yang lain, bahwa musyawarah dan mufakat dan gotong royong yang dilakukan oleh pendiri bangsa kita dan sudah disepakati pancasila dan UUD 45 sebagai filosofi dan dasar negara kita," ujarnya di Gedung Balai Pemuda Surabaya, Kamis (30/6/2022).

Irjen Nico mengungkapkan, perbedaan yang ada sudah dibungkus dengan nama Pancasila dan dibawanya diikat Bhinneka Tunggal Ika Itu adalah hal yang sudah disepakati seluruh bangsa termasuk Khilafatul Muslimin yang sudah menyepakati juga bahwa pancasila menjadi bagian dasar dari mereka.

"Mudah-mudahan kedepan gotong royong yang kita laksanakan bisa membawa hal yang lebih baik untuk bangsa dan negara khususnya Jawa Timur dan Surabaya," ucapnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

5 Pernyataan Sikap

Berikut lima pernyataan deklarasi yang disampaikan anggota Khilafatul Muslimin:

1. kami warga Khilafatul Muslimin sejak dahulu mengakui Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila UUD 1945 dan Bhinneka Tunggal Ika.

2. Kami warga Khilafatul Muslimin tidak anti Pancasila, tidak anti NKRI dan tidak anti kebhinnekaan.

3. Khilafatul Muslimin bukan musuh Pancasila dan tidak akan memusuhi Pancasila.

4. Khilafatul Muslimin adalah jamaah bukan negara, bersama seluruh elemen negeri ini bertekad siap menjaga dan mempertahankan negera kesatuan republik Indonesia dari serangan musuh

5. Kami warga Khilafatul Muslimin bertekad senantiasa hidup berdampingan dengan segenap lapisan masyarakat secara harmonis dan menjunjung tinggi azas Bhinneka Tunggal Ik.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.