Sukses

Warga Binaan Lapas Banyuwangi Kepergok Pesan Handphone, Ini Tujuannya

Aksi penyelundupan ponsel ke dalam Lapas Kelas IIA Banyuwangi berhasil digagalkan petugas. Pengirim mengelabui petugas dengan menyimpan ponsel tersebut di dalam kue tart.

Liputan6.com, Banyuwangi Warga binaan Lapas Banyuwangi, AR, tidak bisa mengela bahwa dirinya sengaja memesan handphone untuk digunakan komunikasi di dalam Lapas.

"Berdasarkan keterangannya, AR memesan handphone tersebut kepada temannya dengan memanfaatkan layanan video call gratis yang ada di Lapas Banyuwangi," ujar Kalapas Banyuwangi, Wahyu Indarto, Selasa (14/6/2022).

Wahyu mengatakan bahwa temuan tersebut juga dikoordinasikan dengan Satnarkoba Polresta Banyuwangi untuk dilakukan pengembangan, karena sasaran pengiriman merupakan warga binaan dengan kasus narkotika.

"Tadi Kanit Opsnal Reskoba Polresta Banyuwangi juga hadir langsung ke Lapas untuk melakukan pengembangan terkait dengan ada atau tidaknya indikasi transaksi barang terlarang," jelasnya.

Sebelumnya, aksi penyelundupan ponsel ke dalam Lapas Kelas IIA Banyuwangi berhasil digagalkan. Pengirim mengelabui petugas dengan menyimpan ponsel tersebut di dalam kue tart.

Kalapas Banyuwangi mengatakan upaya penyelundupan itu dilakukan melalui layanan penitipan barang dan makanan.

Namun dengan ketelitian petugas ponsel yang terbungkus rapi dalam kue tart tersebut gagal masuk ke dalam Lapas.

Saat itu datang 2 orang berinsial DM dan AA mengirimkan makanan yang ditujukan kepada kerabatnya yang tengah menjalani pembinaan di Lapas Banyuwangi. Petugas dari awal sudah curiga dengan gelagat keduanya.

"Berdasarkan informasi dari petugas di bagian pemeriksaan, kedua orang tersebut memang menunjukkan gerak gerik yang mencurigakan," kata Wahyu. 

Pada saat  menyerahkan barang di meja penggeledahan, lanjut Wahyu, memang kue tart yang akan dikirim tampak utuh. Namun sesuai dengan SOP yang berlaku, petugas kemudian membelah kue tart tersebut.

"Ketika kue tart itu dibelah dan diangkat, terdapat sebuah handphone yang terbungkus rapi oleh plastik di bagian bawah kue," ujarnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pelaku DIperiksa

Berdasarkan data pada formulir pendaftaran, DM dan AA berniat mengirimkan barang tersebut kepada AR yang merupakan warga binaan asal Kecamatan Muncar, Banyuwangi. AR terjerat kasus narkotika dengan pidana 5 tahun 4 bulan.

Wahyu menyebutkan bahwa DM dan AA awalnya mengaku tidak mengetahui jika kue tart yang dibawanya berisi handphone.

"Menurut pengakuannya, mereka hanya disuruh dan tidak mengetahui isi dari barang yang dikirimnya," imbuhnya.

Namun petugas tidak percaya begitu saja, DM dan AA kemudian dilakukan pemeriksaan dan penggeledahan lebih lanjut.

"Dari pengembangan yang dilakukan oleh jajaran Keamanan dan Ketertiban (kamtib) bersama dengan jajaran Kesatuan Pengamanan Lembaga Pemasyarakatan (KPLP) akhirnya DM dan AA mengaku bahwa memang handphone tersebut sengaja diselundupkan dalam kue tar untuk mengelabui petugas," urai Wahyu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.