Sukses

Lawan Corona COVID-19, IT Telkom Surabaya Bikin Ruang Sterilisasi

Liputan6.com, Jakarta - Institut Teknologi Telkom Surabaya (IT Telkom Surabaya) menciptakan sterilization chamber atau ruang sterilisasi untuk mengantisipasi penyebaran virus corona baru atau COVID-19.

Cara kerja dari ruang sterilisasi ini adalah menyemprotkan uap disinfektan ke seluruh tubuh seseorang sehingga terbebas dari virus, bakteri dan kuman.

Seseorang yang keluar dari ruang sterilisasi ini diharapkan telah terbebas dari kuman sehingga tidak akan menular atau menyebarkan kepada pihak lain. Demikian mengutip dari ittelkom-sby.ac.id, Jumat (20/3/2020).

Kelebihan dari ruang sterilisasi dibandingkan dengan cuci tangan atau hand sanitizer adalah mampu membunuh virus yang menempel pada seluruh bagian tubuh manusia.

Sementara cuci tangan hanya mampu membunuh virus yang ada di tangan. Dengan demikian peluang seseorang untuk menyebarkan virus menjadi lebih kecil setelah keluar dari ruang sterilisasi.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Seperti Vietnam

Protipe ruang sterilisasi ciptaan IT Telkom Surabaya ini telah disampaikan kepada Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini (Risma). Ia mengapresiasi terhadap alat ciptaan IT Telkom Surabaya. Beberapa masukan diberikan oleh Risma kepada tim IT Telkom Surabaya untuk menyempurnakan ruang sterilisasi ini.

Ruang sterilisasi ini seperti dibuat oleh Vietnam. Negara tersebut berhasil melawan virus Corona COVID-19 dengan membangun bilik pemeriksaan atau mobile decontamination chamber (MDC) yang diterapkan di tempat-tempat umum seperti stasiun, terminal, mal dan perkantoran.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.