Sukses

Neill Blomkamp: Di Film Elysium, Bumi Rusak & Tak Hijau Lagi

Kerusakan Bumi semakin tidak terelakkan pada 2154. Dari luar angkasa, Bumi tak lagi hijau. Tak ada hutan dan pepohonan. Semua gersang..

Kerusakan Bumi semakin tidak terelakkan pada 2154. Dari luar angkasa, Bumi tak lagi hijau. Tak ada hutan dan pepohonan. Semua gersang.. Hanya ada bangunan-bangunan kumuh penuh coretan grafiti, debu beterbangan, pakaian-pakaian lusuh, wajah-wajah tidak bahagia, dan kemelaratan di Bumi masa depan dalam film fiksi ilmiah "Elysium".

Warga Bumi hanya bisa menatap penuh iri ke Elysium, tempat tinggal buatan di luar angkasa. Penghuni Elysium hidup jauh dari kesusahan. Mereka mendapat udara segar dan bersih, kulit indah, pakaian-pakaian mewah, makanan dan minuman lezat, rumah-rumah megah, serta jaminan hidup sehat tanpa penyakit dengan teknologi canggih.

Max Da Costa kecil (Maxwell Perry Cotton) berjanji pada sahabatnya Frey Santiago (Valentina Giron) untuk membawanya ke Elysium kelak agar kehidupan mereka yang suram menjadi lebih baik. Janji itu selalu terpatri dalam hati Max bertahun-tahun kemudian hingga mereka terpisah dan tumbuh dewasa.

Max dewasa (Matt Damon) bekerja di pabrik Armadyne, bertobat setelah meninggalkan catatan kriminal panjang sebagai pencuri pada masa lalu. Dia tinggal di Los Angeles yang bernuansa Meksiko kumuh, menjadi secuil orang yang punya pekerjaan di tengah para pemuda pengangguran di sekitar rumahnya.

Selain menatap CEO Armadyne, John Carlyle (William Fichtner) yang mengawasi para pekerja secara arogan dari balik kaca di pabrik yang berlokasi di Bumi, interaksi Max dengan Elysium hanya dengan robot-robot penjaga Bumi.

Sementara itu, kesenjangan antara Bumi dan Elysium membuat warga Bumi melakukan segala cara untuk pindah ke sana. Namun Menteri Pertahanan Elysium, Delacourt (Jodie Foster) memastikan Elysium tidak akan terkontaminasi warga Bumi. Suatu waktu, Max hanya punya satu pilihan untuk bertahan hidup. Ia harus pergi ke Elysium.

Sutradara Neill Blomkamp dengan ekstrem menggambarkan kondisi Bumi sekarang dalam film sepanjang 109 menit itu. Blomkamp yang sebelumnya menggarap film "District 9", menunjukkan dunia dengan kehidupan glamor dan melarat di negara kaya dan miskin.

"Ini bukanlah fiksi ilmiah. Ini adalah sekarang. Perbedaan antara kaya dan miskin semakin ekstrem dari hari ke hari," kata sutradara berusia 33 tahun itu kepada BBC.

Dalam sebuah wawancara, aktor Meksiko Diego Luna yang berperan sebagai Julio, sahabat Max juga mengatakan bahwa Elysium adalah fenomena yang terjadi saat ini. "Saya percaya Elysium ada di setiap kota di seluruh penjuru dunia," katanya.(Asw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini