Sukses

ICEPERIENCE.ID Melalui EMPC Membawa Produser Indonesia Merilis Karya di Label Belanda

DJ Quickback berhasil meraih gelar 1st Winner dalam ajang Electronic Music Producer Contest (EMPC) 2023 yang diadakan oleh ICEPERIENCE.ID.

Liputan6.com, Jakarta ICEPERIENCE.ID kembali menorehkan prestasi gemilang dengan membawa produser musik elektronik asal Indonesia ke kancah internasional. QuickBuck, seorang produser musik elektronik dan DJ, berhasil meraih gelar 1st Winner dalam ajang Electronic Music Producer Contest (EMPC) 2023 yang diadakan oleh ICEPERIENCE.ID. Dengan prestasi ini, QuickBuck merilis sebuah lagu berjudul "Give All" di bawah label musik terkenal asal Belanda, STMPD RCRDS. 

Menjadi juara dalam kompetisi bergengsi ini merupakan langkah besar bagi karier QuickBuck, yang bernama asli Farrel. Ia harus bersaing ketat dengan ratusan peserta lainnya yang memiliki musikalitas tinggi. Para juri dalam kompetisi ini pun bukan orang sembarangan, di antaranya Winky Wiryawan, SIHK, dan beberapa perwakilan dari STMPD RCRDS.

Kemenangan QuickBuck di ajang EMPC ditentukan oleh kekuatan lagu "Give All" yang memiliki karakteristik unik. QuickBuck memperkenalkan genre musiknya yang disebut Chroma House. Lagu "Give All" ini juga menampilkan kolaborasi dengan NUZB, seorang musisi asal Brasil, dan dirilis secara internasional oleh STMPD RCRDS.

Menurut QuickBuck, lagu "Give All" menggambarkan koneksi antara dua jiwa yang bertemu dan jatuh cinta pada pandangan pertama. "Give All merepresentasikan perasaan jatuh cinta yang membuat kita ingin memberikan segalanya kepada orang tersebut," ujar QuickBuck.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kolaborasi

Dia juga menambahkan bahwa kolaborasi dengan NUZB membawa pengaruh positif pada lagu tersebut. "Chroma House adalah signature sound dari QuickBuck, yang ditambah vibe retro future dari NUZB. Kombinasi ini menghasilkan genre 'Color House' yang danceable dan cocok untuk nuansa festival atau klub," jelasnya. 

Lagu "Give All" mendapat banyak pujian, termasuk dari STMPD RCRDS. Steven Hiemstra, Label Manager STMPD RCRDS, meyakini bahwa lagu ini memiliki kualitas luar biasa dan akan diperhitungkan di pasar musik elektronik global. "Saya sudah tak sabar ingin memperlihatkan hasil sinergi STMPD dan EMPC. Kami memadukan dua musisi muda berbakat dengan latar belakang yang berbeda. QuickBuck dari Indonesia dan NUZB dari Brasil. Keduanya menghasilkan karya yang luar biasa," terang Steven Hiemstra.

 

3 dari 4 halaman

Merilis Lagu Bersama

Selain QuickBuck, para pemenang EMPC lainnya juga mendapatkan kesempatan untuk merilis lagu bersama STMPD RCRDS. Rynyr, yang menjadi 2nd Winner EMPC 2023, merilis lagu "Finding Your Heart", sedangkan Hunn, 3rd Winner EMPC 2023, merilis lagu berjudul "Be With You". 

Kualitas karya QuickBuck, Rynyr, dan Hunn tidak lepas dari peran para juri dan mentor di EMPC 2023, seperti SIHK dan Winky Wiryawan. SIHK mengungkapkan bahwa kualitas lagu yang dikirimkan para peserta sangat luar biasa, sehingga proses kurasi menjadi tantangan tersendiri. "Karya mereka fokus pada keberagaman dan kreativitas. Para finalis menggunakan berbagai teknik, skill, ide-ide inovatif, serta tren musik elektronik yang kuat dalam karya mereka," ujar SIHK.

SIHK juga memuji karakter musik QuickBuck yang kuat dan berani mencoba hal baru. "Saya berharap sejak awal menemukan talenta produser muda yang berani taking risks. QuickBuck, misalnya, berani bereksperimen dengan suara baru dan membawa musik EDM miliknya menjadi lebih baik daripada yang lain. QuickBuck berani menciptakan 'Give All' yang memberi warna berbeda namun berkarakter kuat," jelas SIHK.

 

4 dari 4 halaman

Apresiasi

Perwakilan ICEPERIENCE.ID, Arry Kurniawan, memberikan apresiasi kepada para pemenang EMPC 2023 dan semua peserta yang terlibat. Arry berharap ajang EMPC dan para pemenang yang dihasilkan dapat menjadi pijakan penting dalam memberi ruang dan memotivasi talenta produser muda di Indonesia untuk terus berkiprah di dunia internasional dengan karya orisinal mereka. 

"Orisinalitas adalah kunci awal yang langsung terlihat dari track yang mereka buat, karena dari sinilah karakter setiap produser muda tergambar. Jika karakternya sudah kuat, diharapkan kreativitas dan potensi karya mereka untuk diterima di skena musik elektronik semakin besar. Dengan prestasi mereka di EMPC ini, kami berharap para pemenang terus termotivasi untuk konsisten berkarya dan menjadi contoh bagi produser muda lainnya," kata Arry.

Arry juga menegaskan bahwa ICEPERIENCE.ID akan terus menjadi wadah bagi produser muda Indonesia untuk menembus industri musik internasional. Melalui EMPC, ICEPERIENCE.ID berkomitmen menjaga ekosistem musik elektronik Indonesia agar semakin menonjolkan kualitas dan kompetensi di bidangnya.

Dengan semangat #localICEMovement, ICEPERIENCE.ID melalui EMPC menjalin kerja sama dengan label musik internasional dan artis ternama. Untuk informasi lebih lanjut tentang EMPC, kunjungi website www.iceperience.id dan ikuti media sosial @iceperience.id.

Dukung QuickBuck dengan mendengarkan karyanya di platform streaming digital seperti Spotify, YouTube Music, Amazon Music, Deezer, dan Apple Music. Together, we create legacy.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.