Sukses

6 Fakta Film The Iron Claw Kisah Nyata Pegulat Kevin Von Erich, Tampilkan Akting Terbaik Zac Efron

The Iron Clow diangkat dari kisah nyata pegulat Kevin Von Erich. Film ini menyuguhkan akting terbaik Zac Efron setelah berkarier di seni peran sejak 2002.

Liputan6.com, Jakarta Akhir tahun lalu, film The Iron Claw yang dibintangi Zac Efron dirilis di bioskop AS dan menembus tangga box office. Karya sineas Sean Durkin ini panen pujian para pencinta sinema dan kritikus.

The Iron Claw diangkat dari kisah nyata pegulat Kevin Von Erich. Para kritikus menyebut film ini menyuguhkan akting terbaik Zac Efron setelah berkarier di seni peran sejak 2002.

Tak sedikit yang menyakini The Iron Claw film terbaik A24. Kini, film ini tiba di Indonesia. Tidak tayang di bioskop, Anda dapat mengaksesnya secara legal lewat platform streaming KlikFilm.

Laporan khas Showbiz Liputan6.com kali ini menghimpun 6 fakta film The Iron Claw yang mempertemukan Zac Efron dan Jeremy Allen White. Saatnya Anda menjadi saksi kebesaran akting Zac Efron.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. “Kutukan” Keluarga Von Erich

Menang juara dunia tiga kali dan NWA United States Champion 20 kali membuat Fritz Von Erich (Holt McCallany) mendidik anak-anaknya yakni Kevin (Zac Efron), Kerry (Jeremy Allen White), David (Harris Dickinson), dan Mike (Stanley Simons) jadi pegulat profesional.

Konsekuensinya, hubungan Fritz dengan anak-anaknya merenggang. Nasib keluarga ini memburuk kala lima dari enam anak Fritz meninggal dunia mendahuluinya. Inilah kisah yang dituturkan The Iron Claw. Sutradara Sean Durkin merangkap sebagai penulis naskah film ini.

 

3 dari 7 halaman

2. Biaya Produksi 15,9 Juta Dolar AS

The Iron Claw diproduksi dengan biaya 15,9 juta dolar AS atau sekitar Rp253 miliar. Tayang di AS mulai 22 Desember 2024, film berdurasi 2 jam 2 menit ini disambut hangat publik.

Pada pekan pertama penayangan, The Iron Claw menduduki peringkat ke-6 tangga box office AS. Situs boxofficemojo melaporkan, film ini kini mendulang total laba kotor 43 juta dolar AS atau sekitar Rp685 miliar.

 

4 dari 7 halaman

3. Pujian Untuk Zac Efron

The Iron Claw panen pujian. Tak sedikit yang menyorot transformasi Zac Efron sebagai Kevin Von Erich. David Fear dari Rolling Stone menyebut tatapan Zac Efron terutama ketika di dekat ayahnya, membuatnya bagai anak laki-laki ketakutan yang berdandan dewasa.

Dalam The Iron Claw, Zac Efron tahu betul apa yang mendorong karakter Kevin hingga menjadi inti film yakni disiplin, cinta, dan ketakutan. Semua elemen ini tergambar jelas dalam gestur, dialog, dan air muka sang aktor. Wow!

 

5 dari 7 halaman

4. Syuting 6 Minggu

Screenrant pada Oktober 2022 mengonfirmasi keterlibatan Zac Efron dalam The Iron Claw. Syuting dimulai di Louisiana, AS, dan berlangsung selama 6 minggu didampingi konsultan gulat profesional, Chavo Guerrero.

Tak hanya mengawal syuting di belakang kamera, Chavo Guerrero juga muncul di layar lebar, berperan sebagai The Sheik. Ia bahkan berbagi perspektif soal risiko kematian di atas ring kepada para pemain.

 

6 dari 7 halaman

5. National Board of Review AS

Meski gagal menembus Oscar 2024, The Iron Claw berkelana ke banyak festival. Film ini diganjar Ensambel Pemain Terbaik dan Top Film di National Board of Review, AS. Zac Efron masuk nominasi Pemeran Utama Pria Terbaik di ajang San Diego Film Critics Society Awards.

Di sana, ia bersaing melawan Cillian Murphy (Oppenheimer), Paul Giamatti (The Holdovers), Colman Domingo (Rustin), dan Jeffrey Wright (American Fiction). Nama yang disebut terakhir akhirnya menang. Zac Efron pun meraih banyak nominasi di sejumlah festival film.

 

7 dari 7 halaman

6. Banyak Pesan Moral

The Iron Claw tayang di KlikFilm mulai April 2024. Lewat pernyataan tertulis yang diterima Showbiz Liputan6.com, Rabu (3/4/2024), Direktur KlikFilm, Frederica bangga The Iron Claw akhirnya tayang di Indonesia.

“Semoga bisa menjadi tontonan alternatif untuk mengisi libur Lebaran 2024. Banyak pesan moral di film ini khususnya soal keluarga. Semoga The Iron Claw disambut hangat pencinta sinema,” ungkap Frederica.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.