Sukses

Cerita Dian Sastrowardoyo Dibimbing Rocky Gerung Saat Kuliah: Itu Mimpi Buruk Gue

Tak jarang Dian Sastrowardoyo digoreng oleh sang filsuf di masa pendidikannya.

Liputan6.com, Jakarta Dian Sastrowardoyo kembali mengenang masa kuliah saat diajar Rocky Gerung. Seperti diketahui, Dian lulusan S1 Ilmu Filsafat Universitas Indonesia dan kala itu Rocky Gerung masih menjabat sebagai dosen di sana.

Bintang serial Gadis Kretek ini mengibaratkan bimbingan dengan Rocky Gerung seperti mimpi buruk. Tak jarang sang aktris digoreng sang filsuf di masa pendidikannya. Tak ada juga mahasiswa yang bisa mengelabui Rocky dalam proses belajar mengajar.

"Itu dulu nightmare gue setiap kali bimbingan sama dia ha ha. Bukan lagi, Kak, benar-benar (deg-degan). Gue setiap bimbingan malas ha ha, aduh galak banget, galak parah. Lo kan suka ngelihat dia lagi roasting siapa gitu, ya kebayang enggak mahasiswanya di-roasting sama dia," ujarnya di YouTube Denny Sumargo dikutip pada Jumat (15/3/2024).

"Cuma memang itu cara dia ngajar kali ya. Jadi dia pengin kita tuh bagus, mentality-nya habis. Pokoknya kalau misalnya lo ketahuan ngarang bebas, misal disuruh baca buku yang jadi PR lo, terus lo enggak benaran baca dan sok ngarang berlagak ngerti, wah habis! Dia tahu, habis! Jadi mending baca saja deh daripada lo enggak lewat," sambungnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Maaf ya, Pak, Ampun...

Untuk mencapai titik seperti saat ini--berintelektual dan senang membaca--, Dian Sastrowardoyo mengaku bahwa dia sudah melalui proses purgatory, di mana harus bersusah-susah dulu untuk menjadi cerdas.

"Dia suka bikin analoginya, orang kalau mau jadi pintar itu kayak proses Dante Dante Alighieri, purgatory intelektual. Kalau lo mau pintar, lo harus lewati api penyucian yang enggak enak banget. Jadi katanya kalau mau pintar juga lo harus lewati api neraka yang enggak enak banget," terang ibu dua anak ini.

"Itu begadang-begadang baca buku dan segala macam itu enggak enak banget, gue menghadapi Rocky Gerung enggak enak banget. Maaf ya, Pak, ampun," sambung Dian Sastrowardoyo.

3 dari 4 halaman

Tak Ada Perlakuan Khusus

Meski Dian Sastrowardoyo sudah jadi bintang terkenal, Rocky Gerung menyamaratakan semua mahasiswanya. Tak ada perlakuan spesial untuk individu tertentu.

"Kena goreng sama Rocky Gerung, waduh sering banget ya Allah. Dulu kalau di kelasnya dia kita semua bukan siapa-siapa, sama semua. Jadi enggak ada tuh perlakuan khusus, enggak bisa, memang harus belajar, kerjain PR, lewatin," ucap Dian Sastrowardoyo.

4 dari 4 halaman

Dian Dipuji Rocky

Sementara itu, Rocky Gerung pernah memuji Dian Sastrowardoyo sebagai salah satu mahasiswi tercerdas sepanjang ia menjadi dosen pembimbing skripsi. Ditambah, bintang film Ada Apa Dengan Cinta? menggunakan beberapa penelitian yang terbilang sulit.

"Dia memang anaknya pintar. Dia menulis Fashion and Philosophy. Itu berat, karena ada teori Post Postmodernism dan segala macam," kata Rocky Gerung dalam salah satu tayangan acara Alvin & Friends beberapa tahun silam.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.