Sukses

Reaksi Ayah Onadio Leonardo soal Anaknya Diajak Habib Jafar Jadi Mualaf: Kalau Itu Pilihannya, Enggak Ada Masalah

Kabar gembira, Ramadhan kali ini, program Login besutan Habib Ja'far, Deddy Corbuzier, dan Onadio Leonardio tayang kembali.

Liputan6.com, Jakarta Kabar gembira, Ramadhan kali ini, program Login besutan Habib Ja'far, Deddy Corbuzier, dan Onadio Leonardio tayang kembali. Masih dengan motif yang sama, program ini dibuat untuk memperkuat komitmen umat beragama dengan ajaran yang mereka anut.

Sekadar informasi, premis acara ini adalah Husein Ja'far Al Hadar atau yang akrab disapa Habib Ja'far mengajak Onad untuk "login" atau memeluk agama Islam. Setahun berjalan, upaya ini belum berhasil. Meski begitu, keduanya terus membangun dialog yang baik.

Episode pertama pada tahun ini menampilkan Dedi, ayah Onadio Leonardio, menjadi bintang tamu. Dalam kesempatan itu, Habib Jafar mengaku senang bertemu dengannya. Sebab selama ini, ia hanya mendengar tentang sosok dirinya dari cerita personel band Killing Me Inside itu.

Dari berbagai sumber dikatakan, niat Habib Jafar bermula mendekati pemeran film Why Do You Love Me, salah satunya dikarenakan pikiran Dedi yang terbuka soal agama.

Lantas, seperti apa pendapat Papa Onad tanggapi keinginan Habib Jafar menjadikan sang anak Mualaf? Simak berikut ini.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pernah Belajar Filsafat

Sejak kecil, Onad sudah terbiasa ngobrol apa pun dengan sang ayah. "Kita punya satu ruangan di rumah, meja kecil bundar. Dari kecil, waktu gue SMP, kita tuh ngomongin religion, politik, itu lumrah, Bib. Jadi misal gue nanya, 'Pa, kenapa sih orang Islam gini?', bokap gue bisa jelasin, " kata Onad, dalam kanal Youtube Deddy Corbuzier Program Login, pada 11 Maret 2024, kemarin

Habib Jafar mendengar pernyataan Oned penasaran dari mana sang ayah tahu ajaran lintas agama itu. Papa Oned menjawab, "Sering baca aja, bukan satu agama aja, tertarik di agama, di filsafat, " terang Dedi.

Bahkan, ia menyampaikan, pernah berkuliah filsafat di Driyakarya Jakarta, yang disebutnya salah satu kampus filsafat yang paling bagus di Indonesia. Tak heran, kalau dirinya sangat terbuka dengan semua agama.

3 dari 4 halaman

Bebaskan Sang Anak untuk Memilih

Ketika ditanya, pendidikan agama yang diajarkan kepada sang anak. Papa Onad menjelaskan, tidak pernah mendidik anaknya secara khusus pada satu agama. Sebaliknya, ia beri kebebasan untuk memilih kepercayaan agama mereka sendiri.

"Berarti, Om enggak pernah secara khusus mendidik Onad pada satu agama?" tanya Habib Jafar.

"Enggak, sendiri aja, enggak pernah mendidik agama. Yah, mendidik anak itu kayak normal-normal aja tuh, go by flow. Kebetulan kakaknya dia dua tuh kan sekolah sendiri, di sekolah negeri, selesai itu cari sendiri," jawab Papa Onad.

Lebih lanjut, Onad menekankan jika selama ini memang papanya hanya memberi fasilitas, "Tapi tipikal bokap gue gitu, udah memfasilitasi, udah gue kuliahin, terserah lo, " ungkapnya.

4 dari 4 halaman

Selagi Pilihannya, Silahkan!

Di momen itu, Habib Jafar menyampaikan kepada Dedi soal keinginannya mengajak Onad Login. "Seandainya, Onad Login, berarti Om ngga ada masalah? Katakanlah, Onad menjadi orang yang berbeda beragama dengan Om."

"Kalau itu pilihannya, ngga ada masalah, " aku Dedi.

Sontak mendengar pernyataan Habib Ja'far tampak girang, sedangkan Oned terkejut dan spontan bertanya ulang. "Ngga ada masalah Pa?, " katanya heran.

Di episode sebelumnya, Dedi juga sempat menyatakan keterbukaanya ke semua agama. Saat itu, Habib Jafar meminta Onad untuk menelepon sang ayah. Dalam percakapan tersebut, dia juga pernah mengatakan hal senada, membuat anaknya tak kuasa menahan tawa.

“Nitip anak satu itu," ucap Dedi.

"Wah, bener nih serius nih dititipin ke saya Om? Saya login dong?," jawab Habib Jafar dengan tawa.

"Ngga papa," tutur dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini