Sukses

Ivan Gunawan Kunjungi Masjidnya di Afrika Saat Lebaran, Siap Tempuh 10 Jam Perjalanan dari Ibu Kota

Kata Ivan Gunawan, perjalanan menuju lokasi tempat rumah ibadahnya berdiri ternyata sangat berat.

Liputan6.com, Jakarta Desainer kondang Ivan Gunawan segera bertolak ke masjid yang dibangunnya di Uganda, Afrika Timur, beberapa tahun lalu. Dia berencana menghabiskan masa libur Idul Fitri 2024 dengan menyapa jemaah masjidnya di Uganda.

Kata Ivan Gunawan, perjalanan menuju lokasi tempat rumah ibadahnya berdiri ternyata sangat berat. Jarak tempuhnya pun sangat jauh hingga dia harus punya persiapan mental.

"Alhamdulillah Lebaran aku akan hempas ke Afrika, mau meresmikan langsung masjid aku di Afrika. Jadi rencananya kita mau bikin perayaan kecil," tutur Ivan Gunawan dikutip dari YouTube Intens Investigasi, Jumat (8/3/2024).

"Tapi aku baru tahu kemarin kalau ternyata dari Ibu Kota Uganda ke masjid aku 10 jam perjalanan. Jadi aku sekarang lagi persiapan mental karena di sana ternyata enggak ada hotel, terus sewa mobil juga enggak ada yang bagus. Jadi memang aku benar-benar menyiapkan mental untuk bisa ke Afrika," sambungnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Masjidnya Sudah Resmi Beroperasi Sejak Tahun Lalu

Ivan Gunawan menambahkan, masjidnya sudah resmi beroperasi sejak awal 2023. Dia juga berencana membawa kaligrafi dari Indonesia untuk mempercantik interior rumah ibadah yang diberi nama Masjid Indonesia tersebut.

"Bangunannya sudah dua kali dipakai, berarti ini sudah 2 kali Lebaran. Jadi sudah siap, makanya aku rencana datang ke sana, bawa kaligrafi untuk masjid. Ya insyaallah mudah-mudahan semuanya lancar," paparnya.

3 dari 4 halaman

Membawa Oleh-Oleh

Selain itu, Ivan Gunawan juga akan memberikan sejumlah alat salat agar dapat digunakan para jemaah di sana. Dia berharap segala pemberiannya dapat memberi manfaat.

"Dari interior mungkin enggak banyak ditambah cuma aku mau pasang kaligrafi saja. Aku sudah pesan kaligrafi buat dipasang, mau bawain mukena, kerudung, kompor, karena mereka setiap minggu ada masak sama-sama," ungkapnya.

"Air bersih juga sudah dibuat sebelum masjid itu jadi. Jadi aku sudah buat air bersih dulu. Alhamdulillah sejauh ini di wilayah sekitar masjid hijau, subur, aku berangkat tanggal 20-an," tutup Ivan Gunawan.

4 dari 4 halaman

Reaksi warganet

Warganet pun sangat mengapresiasi kemurahan hati Ivan Gunawan.

"Amiin smgt trus mas igun jasamu Akan dikenang sepanjang masa amin❤smg mas igun slalu diberi kesehatan trz," kata salah satu warganet.

"Igun hebat ga lupa bekal untuk akhirat makanya rejekinya lancar dan berkah," yang lainnya menimpali.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.