Sukses

Ivan Gunawan Berencana Kunjungi Masjid yang Dibangunnya di Uganda

Ivan Gunawan mengaku tengah mempersiapkan mental, karena akan menempuh perjalanan yang jauh.

Liputan6.com, Jakarta Desainer Ivan Gunawan berencana terbang ke Uganda Afrika dalam waktu dekat, untuk menengok masjid yang ia bangun. Saat ini ia mengaku tengah mempersiapkan mental, karena akan menempuh perjalanan yang jauh.

Ivan Gunawan menambahkan, apalagi fasilitas yang ada di Afrika terbilang seadanya. Informasi yang ia dengar, di sana tidak ada hotel maupun mobil mewah untuk disewanya.

"Aku baru tau ternyata dari ibukota Uganda ke masjid aku itu 10 jam perjalanan sekarang aku lagi mempersiapkan mental karena di sana ternyata enggak ada hotel," kata Ivan Gunawan kepada awak media di Plaza Indonesia, Jakarra Pusat, Kamis (7/3/2024).

"Terus sewa mobil enggak ada yang bagus, jadi, ya sudah memang ini sudah benar-benar menyiapkan mental ke Afrika," sambung Ivan Gunawan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Sudah digunakan warga sekitar

Ivan Gunawan pun mengungkap kondisi masjid yang dibangunnya di Uganda, yang kini sudah digunakan warga sekitar untuk beribadah. Ini kali kedua masjid itu digunakan di Bulan Ramadan.

"Oh bangunannya sudah dipakai. Tahun ini sudah 2 kali lebaran sudah. Jadi, memang sudah siap. Aku rencananya berangkat ke sana mau bawa kaligrafi untuk masjid. Jadi, ya insya Allah semua lancar lah," jelasnya.

 

 

3 dari 4 halaman

Membawa peralatan salat dan juga kompor

Tak hanya itu, Igun, begitu Ivan Gunawan akran disapa, rencananya akan membawa peralatan salat dan juga kompor untuk warga Muslim di sana. Sebab, warga di sana menggelar masak bersama tiap pekannya.

"Jadi, aku sudah pesan kaligrafi, mau aku pasang, bawain mukena, mau bawain kerudung, kompor, karena kalau misalnya mereka tiap minggu ada masak sama sama," ucapnya.

 

4 dari 4 halaman

Populasi Muslim di sana mengalami peningkatan

Igun melanjutkan, dirinya memilih membangun masjid di Uganda karena populasi Muslim di sana mengalami peningkatan. Sehingga kebutuhan tempat ibadah masjid menjadi hal penting.

“Jadi kebetulan di Uganda banyak muslimnya, tapi merekakan susah kehidupannya. Mau cari air bersih susah, buat makan susah, apalagi masjid. Jadi saya berpikir adalah hal yang tepat untuk mendirikan masjid di sana," ucap Ivan Gunawan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.