Sukses

Ultah Mendiang Mak Nyak Aminah Cendrakasih Dirayakan Google, Muncul Sebagai Doodle Hari Ini

Dalam Google Doodle hari ini, Aminah Cendrakasih atau Mak Nyak digambarkan tersenyum simpul dari dalam TV.

Liputan6.com, Jakarta Bila Anda membuka Google hari ini, Senin (29/1/2024), jangan heran melihat wajah mendiang Aminah Cendrakasih terpampang di sana. Ya, wanita yang akrab dengan julukan Mak Nyak ini dikenang sebagai Google Doodle, bertepatan dengan hari ulang tahunnya.

Dalam Doodle tersebut, bintang sinetron legendaris Si Doel Anak Sekolahan digambarkan tersenyum simpul dari dalam TV. Sementara di kanan kirinya, tertulis nama Google, hiasan bunga merah dan oranye, dalam gaya batik Betawi.

“Doodle hari ini adalah selebrasi untuk aktris Indonesia Aminah Cendrakasih, salah satu entertainer paling produktif dan populer di Asia Tenggara pada masanya,” begitu pernyataan Google dalam bahasa Inggris, di situs resmi untuk Doodle-nya.

Ditambahkan, “Cendrakasih lahir di Magelang, Jawa Tengah, pada hari ini pada tahun 1938.”

Dalam situs ini, Google juga menyertakan profil singkat soal lawan main Rano Karno dan Mandra ini, terutama perjalanan kariernya yang panjang.

“Ayah Cendrakasih adalah seorang komedian dan ibunya seorang aktris. Pada masa remajanya, ia mengikuti jejak orangtuanya untuk berkarier di dunia hiburan. Pada tahun 1955, ia debut di (film) Oh, Ibuku (Oh, Ibuku),” tulis Google.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Perjalanan Karier Aminah Cendrakasih

Google juga mencatat sejumlah poin penting dalam karier Mak Nyak. Pada 1955, ia untuk pertama kalinya menjadi lawan main ibunya sendiri, Wolly Sutinah, di film Gambang from Semarang dan mendapat peran utama pertamanya lewat Ibu dan Putri.

"Penampilan karismatiknya dalam Serampang 12, sebuah film tari populer yang berkisah tentang cinta remaja yang menuju masa dewasa, memikat penonton di seluruh Indonesia. Ketenarannya meroket setelahnya. Selama beberapa dekade berikutnya, Cendrakasih mendapatkan lebih dari 100 peran dalam acara TV dan film terkenal seperti Taman Harapan dan Si Doel Anak Sekolahan," pihak Google menjelaskan.

Unggahan Google ini ditutup dengan pernyataan mengharukan, "Selamat ulang tahun, Aminah Cendrakasih! Film dan acara TV-mu akan terus membawa kebahagiaan untuk pemirsa di seluruh dunia."

3 dari 4 halaman

Reaksi Warganet Melihat Google Doodle Mak Nyak

Munculnya mendiang Aminah Cendrakasih sebagai Google Doodle hari ini disambut hangat warganet.

"Ternyata google doodle hari ini tuh Mak Nyak yang kita cintai itu 😍" tulis @OMnd*** di platform X atau Twitter.

"Google doodle hari ni gambar alm Mak Nyak 😢" cuit @IsmiNabi*****.

"Eh ada maknyak. alfatihah," warganet dengan username @lant**.

4 dari 4 halaman

Semangat Aminah Cendrakasih

Seperti diketahui, Aminah Cendrakasih meninggal dunia pada 21 Desember 2022 dalam usia 84 tahun. Menurut keterangan pihak keluarga, sebelum meninggal dunia mendiang menderita sakit, dan pada tahun-tahun terakhir hidupnya hanya bisa beraktivitas di atas tempat tidur. Ia juga kehilangan penglihatannya karena menderita glaukoma.

Meski begitu, Aminah Cendrakasih tetap semangat saat ikut dalam syuting Si Doel The Movie 2.

"Iya tadi ke sini naik ambulans. Tapi semangat, karena aku kan paling cuma bisa tidur aje, kalau syuting yang lain sih sudah nggak bisa kali ya. Kita kan sudah kayak keluarga semuanya," ujar Aminah Cendrakasih kepada wartawan pada 2018.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.