Sukses

Emosi Nana Mirdad Campur Aduk Selamatkan Bayi yang Dibuang, Yakin Batinnya Bakal Tergoncang Bila Si Kecil Tak Bertahan

Nana Mirdad mengungkap saat ditemukan, kondisi si bayi sudah membiru dan mengalami hipotermia.

Liputan6.com, Jakarta Pengalaman menyaksikan langsung bayi yang dibuang, telah dua kali terjadi dalam hidup Nana Mirdad. Kali pertama, Nana tak bisa berbuat banyak, karena sang jabang bayi meninggal dunia.

“Ini berarti sudah kedua kalinya saya menyaksikan bayi yang dibuang begitu saja oleh orang tuanya. Sayangnya yang pertama sudah nyaris tak berbentuk dan sudah rata dengan tanah...” tulisnya di Instagram, Minggu (21/1/2024).

Kali ini, ia kembali bertemu bayi yang dibuang di semak-semak— untungnya ditemukan oleh asisten rumah tangga Nana. Kondisi bayi merah tersebut memprihatinkan, kakinya mulai membiru dan mengalami hipotermia.

Dalam unggahannya, istri Andrew White ini mengakui bahwa emosinya campur aduk selama berupaya menyelamatkan bayi ini.

Saya ngga bisa mengekspresikan ketakutan saya, kecemasan saya, kebingungan dan kemarahan saya saat saya menggendong bayi yang baru dibuang itu ke rumah sakit.... Bertahan.... Please bertahan," Nana Mirdad menceritakan kondisi batinnya kala itu.

Anak dari aktris Lydia Kandou ini mengaku batinnya akan tergoncang bila bayi ini akhirnya tak bisa bertahan. “Saya pun ngga tau apa yang akan terjadi pada mental saja jika bayi itu harus hilang dalam pelukan saya.. Tapi bayi itu selamat. Dia sehat,” ujarnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kondisi Bayi dan Lokasi Penemuan

Dalam unggahan sebelumnya di Instagram Stories, Nana Mirdad emosional saat mengabarkan bayi temuan ART-nya ini. Apalagi kondisi sang bayi maupun lingkungan tempat penemuan, menbuat si kecil bakal susah bertahan hidup.

"Tega. Sungguh tega. Banyak perumahan di sekitar sini, kenapa harus dibuang telanjang hidup2 di sini? Di pinggir jalan besar? Di tempat anjing2 besar lewat?” tutur Nana Mirdad, memperlihatkan kondisi semak tempat penemuan bayi ini.

3 dari 4 halaman

Pesan Nana untuk Sang Ibu

Ada satu pesan yang disampaikan Nana Mirdad kepada orangtua si kecil yang telah menelantarkan buah hatinya. "Anakmu nggak kalah, Bunda...Anakmu berhasil hidup hari ini...Tuhan punya jalan lain untuknya," tulisnya dalam salah satu unggahan di Instagram Stories.

 

4 dari 4 halaman

Nana Mirdad: Ini Bukan Aksi Heroik

Nana Mirdad juga menekankan bahwa apa yang dilakukannya untuk menyelamatkan sang bayi, tak perlu dianggap tindakan kepahlawanan.

“Ini bukan aksi heroik. Inilah hal yang harusnya kita lakukan sebagai manusia biasa. Jika menolong bayi yang terlantar adalah aksi heroik maka dunia kita benar2 sudah terbolak balik,” ia mengakhiri.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini