Sukses

Andre Taulany Buka Suara Soal Unggahan di Instagram yang Menggunakan Backsound Lagu Mungkinkah

Andre Taulany mempertanyakan kenapa menggunakan backsound lagu Mungkinkah dianggap masalah.

Liputan6.com, Jakarta Kontroversi seputar sengketa hak cipta antara Andre Taulany, Stinky, dan pencipta lagu "Mungkinkah," Ndank Surahman Hartono, terus berkembang. Baru-baru ini, Andre Taulany buka suara terkait unggahan di akun Instagram-nya yang menggunakan backsound lagu kontroversial tersebut.

Dalam pernyataannya, Andre Taulany menanggapi dengan nada santai terkait pilihan backsound yang digunakan dalam video bermain piano di Instagram. Ia menanyakan kenapa hal tersebut dianggap masalah, terutama karena piano merupakan salah satu instrumen musik umum yang digunakan dalam berbagai konteks.

"Piano? Kenapa sih, emang kenapa kalau saya main piano? Salah saya main piano? Backsoundnya Mungkinkah? Kan kalau Instagram mah siapapun mau pake back sound lagu apapun boleh kan?" ucap Andre dengan nada bertanya saat menggelar konferensi pers di kawasan Ciputat, Tangerang Selatan, Selasa (9/1/2024).

Andre Taulany menekankan bahwa di platform seperti Instagram, pengguna bebas memilih backsound yang mereka sukai, termasuk lagu-lagu tertentu.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Instagram Bayar Royalti

Ia juga menegaskan bahwa Instagram sebagai platform sosial media membayar hak cipta kepada pencipta lagu yang digunakan dalam konten pengguna.

"Mau saya pake lagu Indonesia Raya kek mau lagu siapa kan boleh, di Instagram ada kan? Dan itu Instagram bayar loh. Jadi kalau saya pakai lagu Mungkinkah, nanti Instagram bayar tuh ke pencipta lagu ke Ndank, Irwan, dapet lagi tuh," jelas Andre.

 

3 dari 4 halaman

Terima Kasih

Dengan penjelasan tersebut, Andre Taulany menyiratkan bahwa penggunaan lagu "Mungkinkah" dalam unggahannya sebenarnya dapat memberikan manfaat finansial kepada pencipta lagu. Ia juga mengakhiri pernyataannya dengan sentilan ringan, menyatakan bahwa seharusnya dirinya mendapat ucapan terima kasih karena telah menggunakan backsound yang dapat memberikan royalti kepada pencipta lagu.

“Harusnya makasih sama saya, saya pakaiin backsound itu,” canda Andre Taulany.

 

4 dari 4 halaman

Heran

Perkembangan sengketa hak cipta ini masih menjadi sorotan masyarakat, dan banyak yang menunggu bagaimana pihak terkait akan merespons secara lebih lanjut terhadap tindakan dan pernyataan yang muncul dari kedua belah pihak. Sebelumnya, Andre Taulany juga sudah menyampaikan tanggapannya mengenai somasi yang dilayangkan terhadapnya.

"Yang pertama, saya udah nggak di Stinky, saya juga bingung kenapa saya disomasi, dilarang, kan saya udah bukan personel Stinky, manggung juga udah jarang, gak pernah. Kan temen-teman tau sendiri kerjaan saya Komandan, kerjaan saya bercanda, kapan saya manggungnya?" ujarnya.

"Kalaupun saya manggung, kemarin itu saya bikin ATF, Andre Taulany and Friends, itu juga baru manggung 2 kali. Kalaupun memang dianggap saya menyanyikan lagu Mungkinkah, saya sudah bayar. Pihak manajemen sudah membayar ke EO, sesuai Undang Undang,” beber Andre Taulany.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini