Sukses

Respons Stinky dan Andre Taulany Usai Disomasi Pencipta Lagu Mungkinkah

Ndank Surahman Hartono, mantan gitaris band Stinky, secara tegas melarang Stinky dan Andre Taulany, yang juga merupakan mantan personel Stinky, untuk membawakan lagu "Mungkinkah" dan beberapa karya ciptanya yang lain.

Liputan6.com, Jakarta Beberapa waktu lalu, dunia hiburan Tanah Air dihebohkan oleh pengumuman mengejutkan dari Ndank Surahman Hartono, mantan gitaris band Stinky. Ia secara tegas melarang Stinky dan Andre Taulany, yang juga merupakan mantan personel Stinky, untuk membawakan lagu "Mungkinkah" dan beberapa karya ciptanya yang lain.

Sejak lama, lagu "Mungkinkah" masih menjadi favorit di setiap penampilan baik Stinky maupun Andre Taulany dalam berbagai kesempatan. Terkait dengan somasi yang dilayangkan Ndhank, Stinky memberikan tanggapannya melalui Irwan, yang mewakili band tersebut.

Irwan menjelaskan bahwa larangan tersebut keliru karena ia sendiri adalah salah satu pencipta lagu Mungkinkah.

Nama Irwan juga tercatat di label dan lembaga kolektif yang menangani hak cipta dan royalti.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Salah Sasaran

"Salah sasaran kalau menurut kita sih, Ndhank melarang kita menyanyikan ya nggak bisa, kan secara legal itu penciptanya 2, Irwan dan Ndhank," kata Irwan dilansir dari tayangan Hot Shot SCTV, Rabu (3/1/2024).

"Di publisher Irwan dan Ndhank, di label ya demikian, terus di lembaga kolektif kayak KCI segala macem itu kan namanya dua, Irwan dan Ndhank. Masa gue gak boleh bawain lagu gue sendiri, kan agak aneh, jadi biasa aja sih, ya sah-sah aja ajuin somasi,” sambungnya.

 

3 dari 4 halaman

Selalu Dapat Bagian

Irwan juga menambahkan bahwa Ndhank sebelumnya telah mendapatkan bagian dari setiap penampilan Stinky dan mendapat pendapatan ganda dari lembaga kolektif dan band itu sendiri.

"Saat dia upload video, Ndhank tuh dari pagi hubungan sama saya terus, minta jatah dia buat main di sini. Wah kita bayar ke dia tiap Stinky show, setiap Stinky ada event, itu Ndhank dapat bagian. Jadi dapat double, dapat dari lembaga kolektif juga dia dapat, dari Stinky pun kita punya kebijakan Ndhank kita kasih juga, setiap event Stinky, Ndhank selalu dapat. Jadi 3, lembaga kolektif, label, dan Stinky, dia dapat tiga, triple tuh," ungkap Irwan.

 

4 dari 4 halaman

Respons Andre Taulany

Irwan juga mengungkapkan bahwa ia juga sudah berkomunikasi dengan Andre Taulany. Ia menyebut bahwa Andre Taulany juga menanggapi masalah ini dengan santai.

"Andre juga sempet teleponan sama saya, dia juga ‘ah biarin aja’ katanya ‘baru somasi satu, belum dua, tiga, empat, lima’ katanya begitu, dibercandain," beber Irwan. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini