Sukses

3 Alasan Djenar Maesa Ayu Bintangi Film Tuhan Izinkan Aku Berdosa, Pertama karena Hanung Bramantyo

Djenar Maesa Ayu melenggang ke karpet merah JAFF 2023 di Yogyakarta, pekan ini. Ia menghadiri sesi special screening film Tuhan Izinkan Aku Berdosa.

Liputan6.com, Jakarta Aktris Djenar Maesa Ayu melenggang ke karpet merah Jogja-NETPAC Asian Film Festival alias JAFF 2023 yang digelar di Yogyakarta, pekan ini. Ia menghadiri sesi special screening film Tuhan Izinkan Aku Berdosa.

Dalam film terbaru karya sutradara Hanung Bramantyo tersebut, Djenar Maesa Ayu memerankan Ami, mantan pekerja seks komersial sekaligus pemilik salon kelas bawah di Kota Gudeg.

Djenar Maesa Ayu mengaku setidaknya punya 3 alasan untuk tampil di film Tuhan, Izinkan Aku Berdosa. Pertama, karena sutradaranya Hanung Bramantyo. Sineas peraih 2 Piala Citra ini membentuknya sebagai seorang aktor.

“Pertama, yang meminta Mas Hanung. Saya senang sekali kerja sama Mas Hanung walaupun ditawar ha ha ha!” ujar Djenar Maesa Ayu kepada Showbiz Liputan6.com, pada Jumat (1/12/2023).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Alasan Pertama

Ini bukan kali pertama Djenar Maesa Ayu berkolaborasi dengan Hanung Bramantyo. Sebelumnya, ia tampil di film Kartini dan Tersanjung The Movie. Keduanya meninggalkan kesan mendalam.

“Mas Hanung itu orang yang tidak cuma ada di depan monitor. Pencilakan kayak kuda kalau orang Jawa bilang. Dia akan ada di mana-mana. Kalau ada scene nyebur, ya dia ikut nyebur. Ada scene apa saja pokoknya dia ikut,” akunya.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 4 halaman

Blocking Hanung Bramantyo

“Saya suka dengan blocking-nya. Dia juga pegang kamera. Dia suka pergerakan kamera. Saya belajar dari Mas Hanung. Jarang ada sutradara yang terjun langsung,” Djenar Maesa Ayu membeberkan.

Kedua, tema yang diusung Tuhan, Izinkan Aku Berdosa sangat penting untuk diangkat yakni kemunafikan, menjadikan agama kedok untuk melakukan dosa yang lebih besar, dan kekerasan terhadap perempuan.

 

4 dari 4 halaman

Isu Kekerasan Terhadap Perempuan

“Yang kedua, tema ini penting untuk diangkat. Enggak semua orang berani untuk mengangkat tema yang seperti ini dan saya merasa punya kewajiban untuk ikut terlibat. Saya tahu persis pasti akan sulit untuk mendapatkan pemain,” cetus Djenar Maesa Ayu.

“Alasan terakhir namun tak kalah penting, saya memang concern dengan isu-isu kekerasan terhadap perempuan. Ini poin pertama di luar (faktor) Hanung ya,” ia mengakhiri.

Selain Djenar Maesa Ayu, special screening Tuhan Izinkan Aku Berdosa yang digelar di Empire XXI Yogyakarta dihadiri Donny Damara, Aghniny Haque, dan Hanung Bramantyo.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini