Sukses

Sinopsis Film Hujan Bulan Juni Adaptasi Karya Legendaris Sapardi Djoko Damono, Tayang Malam Ini, 11 September di TV

Film Hujan Bulan Juni akan tayang di Moji malam ini, Senin 11 September 2023 pukul 21:00 WIB.

Liputan6.com, Jakarta - Ada deretan novel sastra yang berhasil diadaptasi dalam bentuk film, seperti Tenggelamnya Kapal Van Der Wijk, Bumi Manusia, tidak ketinggalan novel karya sastrawan ternama Indonesia Sapardi Djoko Damono yang berjudul Hujan Bulan Juni.

Malam ini (11/9/2023), tayangan televisi nasional akan menghadirkan film Hujan Bulan Juni untuk mengisi waktu malam penonton setianya. Film Hujan Bulan Juni sendiri tayang perdana di bioskop pada November 2017 silam.

Kisah romantis dalam film Hujan Bulan Juni akan hadir di saluran televisi Moji pada 11 September pukul 21:00 WIB. Film yang digarap oleh sutradara Hestu Saputra ini dibintangi oleh Velove Vexia, Adipati Dolken, Baim Wong, serta jejeran artis lain.

Sebelum menyaksikan cerita mereka di Moji malam nanti, simak lebih dulu sinopsis film yang diangkat dari karya sastra luar biasa mendiang Sapardi Djoko Damono berikut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Sinopsis Film

Penceritaan kisah dua insan, Pingkan (Velove Vexia) dan Sarwono (Adipati Dolken), harus diuji ketika Pingkan yang merupakan seorang dosen muda Sastra Jepang di Universitas Indonesia mendapat kesempatan untuk melanjutkan studinya di Jepang.

Film Hujan Bulan Juni banyak mengambil latar di Negeri Sakura tersebut mengingat Pingkan menjalani perkuliahannya selama dua tahun di sana. Menjalani cinta beda negara pun tidak menjadi satu-satunya tantangan hubungan mereka, keluarga Pingkan pun sedikit menghakimi hubungan keduanya.

Cerita ini bukan hanya membawakan kisah percintaan pada umumnya, tetapi menyelipkan unsur budaya yang merupakan tantangan lain yang harus dihadapi keduanya mengingat Pingkan dan Sarwono memiliki latar belakang budaya yang berbeda.

Film ini juga menyelipkan esensi sastra dari puisi "Hujan Bulan Juni" yang menjadi nyawa dari karya ini.

Kelengkapan perjuangan cinta mereka dapat disaksikan di Moji malam ini pukul 21:00 WIB.

3 dari 3 halaman

Karya Besar Sapardi Djoko Damono

Novel Hujan Bulan Juni merupakan karya Sapardi Djoko Damono yang dipublikasi tahun 2015 di bawah Gramedia Pustaka Utama.

Jauh sebelum dicetak dalam bentuk novel, karya ini merupakan hasil dari antologi puisi Hujan Bulan Juni yang pertama kali hadir tahun 1994.

Menariknya, karya legendaris ini berhasil dialihwahanakan dalam berbagai jenis karya lainnya selain novel, seperti lagu, komik, dan tentunya film Hujan Bulan Juni yang ditayangkan di layar lebar 2017 lalu. Film Hujan Bulan Juni pun menghadirkan sang penyair, Sapardi Djoko Damono, dalam perannya sebagai ayah Sarwono.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini