Sukses

Deretan Lagu Dangdut yang Dibawakan di Istana Kepresidenan, dari Rungkad hingga Theme Song LIDA yang Bikin Presiden Jokowi Ikut Bernyanyi

Dua tahun berturut-turut lagu dangdut koplo bergaung di area Istana ketika momen HUT RI, ada Ojo Dibandingke dan Rungkad.

Liputan6.com, Jakarta Puncak peringatan Hari Kemerdekaan RI setiap tahunnya digelar di Istana Merdeka, Jakarta Pusat. Dahulu, Upacara Bendera di Istana terkesan formal dan ketat. Namun dalam masa pemerintahan Jokowi beberapa tahun terakhir, rangkaian acara yang dihadirkan terkesan lebih luwes tanpa meninggalkan kesan khidmat dan tetap mengusung semangat nasionalisme.

Pada Upacara Bendera HUT RI ke-78 yang digelar pada Kamis (17/08/2023) kemarin, penyanyi Putri Ariani menjadi salah satu pengisi acara. Wanita yang naik daun usai videonya lolos audisi America’s Got Talent 2023 viral ini dipercaya melantunkan lagu dangdut koplo berjudul “Rungkad”.

Beberapa bulan terakhir, lagu Rungkad viral di jagat maya mulai YouTube hingga TikTok. Lagu ini dipopulerkan oleh penyanyi asal Kediri, Happy Asmara. Sementara penciptanya adalah Vicky Prasetyo. Saat lagu ini dilantunkan Putri Ariani, seluruh tamu undangan termasuk para pejabat ikut bergoyang.

Kesan musik dangdut yang dulu kerap dianggap norak oleh sebagian kalangan, kini sudah tidak lagi. Banyak penyanyi dangdut yang dipercaya tampil dalam acara bergengsi hingga level internasional. Malah, kini lagu dangdut didendangkan dalam acara resmi di Istana Merdeka.

Berikut daftarnya yang dirangkum oleh Showbiz Liputan6.com dari berbagai sumber, Senin (21/08/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Rungkad

Lagu “Rungkad” memiliki lirik campuran bahasa Indonesia dan Jawa bergenre dangdut koplo. Sejatinya, lirik lagunya bertema patah hati. Tentang seseorang yang dicampakkan kekasih meski sudah mengeluarkan modal besar. Vicky Prasetyo sang pencipta lagu mengungkap ada cerita mistis yang mengilhaminya untuk menciptakan lagu tersebut. Suatu hari, Vicky mimpi didatangi wanita yang wajahnya tak dikenal. Oleh wanita itu, Vicky disuruh membuat lagu berjudul “Rungkad” yang diyakini akan membawa berkah.

Terlepas makna lagunya, “Rungkad” sukses membawa aura ceria di lingkungan Istana Merdeka pada (17/08/2023) ketika dibawakan Putri Ariani sambil memainkan piano dan diiringi oleh orkestra Gita Bahana Nusantara. Iriana Jokowi terlihat ikut bergoyang. Istri Pangllima TNI Yudo Margono, Veronica Yulis Prihayati juga viral di media sosial terkait potongan video yang menunjukkan ia berjoget dengan penuh semangat.

3 dari 4 halaman

Ojo Dibandingke

Lagu “Ojo Dibandingke” merupakan ciptaan seniman asal Boyolali, Jawa Tengah bernama Agus Purwanto, yang beken dengan nama Abah Lala. Salah satu yang mempopulerkan lagu bergenre dangdut koplo ini adalah Denny Caknan. Pengamen cilik yang viral di media sosial, Farel Prayoga, dipercaya melantunkan “Ojo Dibandingke” pada HUT RI ke-77 yang digelar 17 Agustus 2022.

Farel kala itu juga berhasil ‘menggoyang’ pejabat yang hadir. Beberapa pejabat bahkan turun dari area VIP dan turun menghampiri Farel. Suara merdu serta gayanya yang lagu membuat karier Farel melesat dalam sekejap. Sejak saat itu ia jadi sering muncul di TV nasional dan banyak mendapat tawaran off air.

4 dari 4 halaman

Theme Song LIDA Indosiar

Di luar acara kemerdekaan, para kontestan dan juri Liga Dangdut Indonesia – LIDA pernah bertandang ke Istana Bogor pada 2019. Host dan juri seperti Gilang Dirga, Ramzi, Inul Daratista dan Zaskia Gotik juga terlihat hadir di area yang termasuk satu dari enam Istana Presiden RI tersebut.

Kala itu mereka disambut oleh Presiden Joko Widodo dan Iriana Jokowi. Dalam video yang diunggah kanal YouTube Indosiar pada 15 Februari 2019, telihat Jokowi ternyata bisa menyanyikan theme song LIDA. Jokowi terlihat ikut bergumam ketika para kontestan dan juri menyanyikan theme song LIDA yang diciptakan ESTEPE.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini