Sukses

Eross Candra Tak Pernah Menyesal Beri Lagu Bendera kepada Cokelat: Aku Percaya Lagu Sama Penyanyinya itu Kayak Takdir

Eross Candra akhirnya mengungkapkan mengapa 21 tahun yang lalu ia memilih memberikan lagu itu untuk Cokelat, bukan untuk Sheila on 7.

Liputan6.com, Jakarta Jelang hari kemerdekaan Indonesia, lagu Bendera dari Cokelat sudah dipastikan akan banyak melantun. Lagu tersebut seakan menjadi lagu wajib untuk momen hari kemerdekaan.

Lagu Bendera sendiri diciptakan oleh Eross Candra, gitaris Sheila On 7 yang juga dikenal sebagai pencipta lagu yang berhasil melahirkan lagu-lagu hits di Indonesia. Eross Candra akhirnya mengungkapkan mengapa 21 tahun yang lalu ia memilih memberikan lagu itu untuk Cokelat, bukan untuk Sheila on 7.

Ia meyakini bahwa setiap lagu dan penyanyinya itu seperti takdir. Dan lagu Bendera memang ditakdirkan meledak ketika dinyanyikan oleh Kikan Cokelat.

“Aku percaya banget bahwa lagu sama penyanyinya itu kayak takdir. Belum tentu kalau dibawain Sheila on 7 akan kayak sekarang gitu. Karena waktu itu Sheila on 7 habis rilis album, kita punya hits ‘Seberapa Pantas’ kalau nggak salah,” cerita Eross Candra di kanal YouTube SoundCorners, beberapa waktu lalu.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kebiasaan Chart Lagu

Eross Candra menduga jika Sheila on 7 yang membawakan lagu itu, tidak akan menjadi hits seperti sekarang.

“Kalau kita bawain juga lagu ‘Bendera’, kayak contoh di radio, ketika dia udah muterin singlenya Sheila on 7 yang ‘Seberapa Pantas’ dan kita punya single lagu juga ‘Bendera’ gitu dalam waktu bersamaan, mungkin gak akan terjadi gitu, gak akan diputer bersamaan karena waktu itu kan, Bendera waktu itu rilisnya juga di sekitar Agustus kan,” kata Eross Candra.

“Kebiasaan di chart-chart tuh kayak gitu, jarang ada yang artis punya dua lagu bareng gitu,” tambahnya.

 

3 dari 4 halaman

Alasan Lain

Lalu mengapa pilihannya jatuh kepada Cokelat? Alasannya tak lain adalah karena saat itu mereka bernaung di bawah label yang sama. Selain itu, ia juga meyakini bahwa karakter vokal Kikan sangat cocok untuk lagu tersebut.

“Jadi istilahnya berbagi sama artis lain gitu. Jadi waktu itu kenapa dipilih Cokelat? Karena memang kita satu label dan saya yakin maksudnya suaranya Kikan udah pasti cocok. Terus juga secara aransemen kan Cokelat itu kan lebih heavy dari Sheila on 7 gitu,” ujarnya.

 

4 dari 4 halaman

Lebih Up Beat

Di balk itu, Eross Candra mengungkap bahwa lagu Bendera yang dibawakan oleh Cokelat itu sudah mengalami beberapa penyesuaian dari versi asli yang ia ciptakan. Sekali lagi, ia yakin bahwa lagu Bendera itu memang sudah berjodoh dengan Cokelat, dan ia tidak pernah merasa menyesal memberikan lagu tersebut untuk Kikan dkk.

“Sebenernya lagu itu aku kasih ke mereka itu bukan yang up beat. Jadi yang merubah menjadi upbeat, jadi semangat, itu dari anak-anak Cokelat gitu. Jadi aku bilang, itu memang udah jodohnya mereka,” ujarnya.

“Kalau saya sendiri yang membawakan, ataupun sama Sheila on 7, mungkin hasilnya gak akan seperti itu. Jadi, Jadi, itu, ya itu tadi sejarah gak bisa dirubah,” tutupnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.