Sukses

Seniman Dedy Sufriadi Gelar Pameran Seni Tabula Rasa, Refleksi 15 Tahun Jalani Proses Belajar dan Sekolah

Seniman Dedy Sufriadi menggelar pameran seni bertajuk “Tabula Rasa” di Art-Space Artotel Suites Mangkuluhur Jakarta, dari 19 Mei hingga 31 Juli 2023.

Liputan6.com, Jakarta Seniman Dedy Sufriadi menggelar pameran seni abstrak bertajuk “Tabula Rasa” di Art-Space Artotel Suites Mangkuluhur Jakarta, mulai 19 Mei hingga 31 Juli 2023. Dalam pameran ini, ia menghadirkan tujuh karya dari bahan kanvas hingga buku bekas.

Sang seniman mengaku, ini kali keempat menggelar pameran di Art-Space Artotel. Sebelumnya, Dedy Sufriadi ikut pameran di Surabaya, Jakarta bareng seniman lain, dan Yogyakarta. Namun ini kali pertama ia menjadi tuan rumah pameran tunggal di Artotel.

“Kronologi pameran Tabula Rasa dari proses akademis saya selama 15 tahun. Akhirnya saya mengosongkan diri lagi, mencoba tidak memakai semua yang saya tahu selama 15 tahun belajar di sekolah seni rupa. Kembali seperti anak kecil, melukis lagi tanpa tendensi apa-apa,” katanya.

Selama 15 tahun, Dedy Sufriadi melewati banyak fase termasuk menjalani residensi di Selandia Baru pada 2017. Hampir tiga bulan di negeri orang, ia menghadapi beragam keadaan dari sepi, tak punya komunitas, hingga bingung lantaran tiap hari harus kerja.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Oleh-oleh dari Selandia Baru

“Oleh-oleh (dari Selandia Baru) tambah stres. Ada konflik internal yang akhirnya membuat saya sadar bahwa kita enggak bisa melupakan 100 persen apa yang telah dipelajari (di sekolah),” ujar Dedy Sufriadi.

“Kalau kita total menolak itu malah akan menjadi konflik baru. Jadi saya harus berdamai dengan itu,” ia menyambung. Salah satu karya Dedy Sufriadi terbuat dari kumpulan buku bekas yang tersibak.

3 dari 4 halaman

Buku Bekas

Karya ini menyita perhatian para pencinta seni hingga awak media. Dedy Sufriadi punya cerita khusus di balik karya monumental ini.

“Material dasar sebagain besar dari kanvas. Dua lukisan lain terbuat dari kolase buku, ini buku bekas yang saya kumpulkan dari pengepul. Tiap bulan mereka menyetor ke saya, buku-buku yang harus dihancurkan, sebagian besar ada yang overproduksi,” urai Dedy Sufriadi.

Buku-buku tak terpakai itu dibeli Dedy Sufriadi disertai perjanjian tak akan diperjualbelikan lagi. Setelahnya, buku-buku bekas ini dipoles menjadi karya baru. Berkaca pada proses kreatif ini, Deddy Sufriadi menarik hikmah.

4 dari 4 halaman

Menyenangkan Audiens

“Karya seni itu tidak butuh hal yang rumit,” ia menyimpulkan. “(Esensi karya seni bagi saya) bisa enggak menyenangkan audiens?” tutur Dedy Sufriadi kepada Showbiz Liputan6.com di Jakarta, Jumat (19/5/2023).

Dalam kesempatan itu, General Manager Artotel Suites Mangkuluhur Jakarta, Djulkarnain, menjelaskan Art-Space seluas 5,6 X 13 meter persegi yang berlokasi di lobby floor, telah dibuka untuk umum, ditandai dengan pameran seni “Tabula Rasa” dari Dedy Sufriadi.

“Kami berharap para pencinta seni bisa menikmati dan merasakan langsung keindahan dari dalam bingkai kesederhanaan yang diciptakan Dedy Sufriadi. Art-Space siap memberi nilai tambah yang melengkapi intuisi seni dan budaya Anda,” harap Djulkarnain.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.