Sukses

Mengenal Salaki Reynaldo Joshua, Dosen Muda Ahli IT yang Punya Sederet Prestasi Internasional

Dengan latar belakang keluarga yang terjun di bidang akademis, dosen muda Salaki Reynaldo Joshua memiliki semangat belajar tinggi sejak kecil, terutama di bidang IT.

Liputan6.com, Jakarta Salaki Reynaldo Joshua, salah satu putra bangsa yang ahli di bidang IT, telah membuktikan kiprahnya di tingkat internasional. Pria yang akrab disapa Reynaldo ini juga diketahui berkarier di bidang akademis sebagai dosen.

Pemuda asal Manado yang lahir tanggal 2 Oktober 1994 ini merupakan putra dari  Johny S. W. Salaki, S.Sos dan Prof. Dr. Dra. Tini Mogea, M.Hum. Sang ayah merupakan seorang PNS Provinsi Sulawesi Utara, sedangkan ibunya adalah Guru Besar Bidang Planning on ELT di Universitas Negeri Manado juga PNS di Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Dengan latar belakang keluarga yang juga terjun di bidang akademis, Reynaldo pun memiliki semangat belajar tinggi sejak kecil, terutama di bidang IT. Pria yang kini berusia 28 tahun ini mengungkapkan bahwa keingintahuannya di bidang IT sudah muncul sejak masih duduk di bangku sekolah.

Sejak kecil, Salaki Reynaldo Joshua sudah mulai menggunakan komputer dan perangkat digital lain. Selain itu, dirinya juga mengaku senang berperan sebagai pengajar. Sehingga ia menganggap bahwa IT adalah sebuah passion.

Oleh karena itu, untuk mengembangkan passion dan keahliannya, Reynaldo sering terlibat dalam berbagai kegiatan yang berbau IT. Selain mengenyam pendidikan di bidang IT, pria yang hobi traveling dan olahraga ini juga terjun langsung dalam berbagai kegiatan sosial di bidang pendidikan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Penulis Buku yang Juga Bergerak di Bidang Digital Health

Selain di bidang akademis, Reynaldo juga merupakan seorang penulis dengan bukunya yang berjudul “Adoption Framework: In The Development Of Data Warehouse For Business Intelligence System”.

Reynaldo juga bergerak di bidang digital health dengan membuat aplikasi yang bernama Nutri Counter. Aplikasi tersebut dapat membantu penggunanya untuk mendukung pengelolaan nutrisi tubuh dengan berbagai fitur di dalamnya.

Semua hal di atas sejalan dengan visi misi hidup milik Reynaldo, yaitu ingin menjadi penulis dan peneliti di bidang digital health, serta berkontribusi dalam dunia pendidikan khususnya bidang teknologi informasi.

 

 

3 dari 6 halaman

Pendidikan dan Karier

Untuk memperdalam keahliannya di bidang IT, pemuda asal Manado tersebut menempuh S1 Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi di Universitas Negeri Manado pada tahun 2012 – 2016.

Menuntaskan pendidikan dengan predikat lulusan terbaik di fakultasnya, Reynaldo kemudian melanjutkan S2 di Information Technology Management, Staffordshire University tahun 2017 – 2018 dengan predikat lulusan terbaik pula.

Saat ini, Reynaldo bahkan sedang menempuh program doktoral di Electronics, Information & Communication Engineering di Kangwon National University dengan beasiswa pendidikan BEST-KNU.

 

 

4 dari 6 halaman

Keterlibatan di Luar Negeri

Reynaldo juga ikut terlibat sebagai tim peneliti di Circuit System Design Laboratory, Kangwon National University. Selain menjadi founder Nutri Counter, Reynaldo juga memiliki karier di tingkat internasional. 

Pada tahun 2017, dirinya pernah bergabung bersama Microsoft Malaysia dalam sebuah project dan pada tahun 2020, Reynaldo juga pernah terlibat sebagai Educator Amazon Web Service. 

Saat ini, dirinya telah berhasil menjadi PNS di Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi serta masuk menjadi salah dosen muda di Universitas Sam Ratulangi untuk Program Studi Teknik Informatika.

 

 

5 dari 6 halaman

Prestasi Sang Dosen Muda

Dalam beberapa tahun terakhir perjalanan karirnya, Salaki Reynaldo Joshua memiliki segudang prestasi, di antaranya:

Author of Book Adoption Framework The Development Of Data Warehouse For Business Intelligence System – 2023

Best Research Team at National Conference of Artificial Intelligence – 2022

Keynote Speaker, National Conference with Ministry of Informatics and Communication – 2021

Key Opinion Leader, National Conference with Ministry of Informatics and Communication – 2021

Guest Speaker at Maleosan.id in Study Plan 101 Program – 2020

Keynote Speaker in Industry 4.0 in Education Manado, Indonesia – 2019

Guest Speaker in IT Week, Manado Independent School – 2019

Speaker in National TV Program Tamu Kita, TVRI, Indonesia – 2019

Speaker in World Conference on Information Systems and Technologies, Italy – 2018

Best Paper in International Conference on Electrical, Electronic and Information Engineering, Indonesia – 2017

Speaker in International Conference on Education, Malaysia – 2016

Speaker in 7th International Conference an Psychology, Language, and Teaching, Singapore – 2016

Speaker in National Seminar on Information and Communication Technology, Indonesia – 2016

 

6 dari 6 halaman

Media Sosialnya

Penasaran dengan aktivitas dan prestasi lain dari sosok Reynaldo Joshua? Bisa cek langsung di media sosialnya, lo.

Reynaldo Joshua cukup aktif membagikan aktivitasnya di berbagai media sosial seperti akun Instagram @rjsalaki, YouTube @reynaldojoshuasalaki, Akun Facebook @reynaldo.salaki, TikTok @reynaldojoshua, dan akun Twitter @reynaldosalaki.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini