Sukses

Intip Geliat Sektor Wisata dan Ekonomi Kreatif Saat Mudik Lebaran 2023, Termasuk 4 Film Indonesia di Bioskop

Perputaran uang di sektor wisata dan ekonomi kreatif termasuk film diharapkan melejit. Mengingat, ada 4 film Indonesia yang diputar jelang libur Lebaran 2023.

Liputan6.com, Jakarta Lebaran 2023 diharapkan menjadi momentum menggeliatnya industri wisata dan ekonomi kreatif setelah tiga tahun dihantam pandemi Covid-19. Sekitar 123 juta orang diprediksi mudik.

Perputaran uang di sektor wisata dan ekonomi kreatif termasuk film didalamnya diharapkan melejit. Mengingat, ada 4 film Indonesia yang diputar serentak pada 19 April 2023, jelang libur Lebaran.

Seperti diketahui, ada 4 film Indonesia yang memeriahkan Idul Fitri 2023 yakni Sewu Dino (MD Pictures), Khanzab (Dee Company), Buya Hamka rilisan Falcon Pictures dan StarVision, serta Jin & Jun (MVP Pictures).

Lewat pernyataan tertulis yang diterima Showbiz Liputan6.com, Kamis (20/4/2023), Wakil Ketua Asosiasi Pariwisata Nasional, Harry Tjahaja Purnama, menyambut hangat gairah ekonomi kreatif pada Idul Fitri 2023.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Daa Kementerian

“Perputaran ekonomi sektor pariwisata ditunjang permintaan untuk perjalanan, tiket pesawat, trasportasi umum, akomodasi, restoran, tempat rekreasi (termasuk bioskop) sampai ke pusat pembelanjaan oleh-oleh,” katanya.

Harry Tjahaja Purnama mengutip data Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, yang menyebut, perputaran dana akan mencapai 100 hingga 150 triliun rupiah atau diperkirakan hampir dua kali lipat dari tahun sebelumnya.

 

3 dari 4 halaman

Kapasitas Bioskop

Mengingat, tahun ini sudah tak ada pembatasan untuk transportasi dan penerbangan pasca-Covid 19. Contoh lain, bioskop pun kini diizinkan menampung kapasitas penuh per studio. Harry Tjahaja Purnama lalu menyampaikan sejumlah catatan dan harapan.

“Saya sarankan kepada kementerian untuk merilis SOP pengelolaan tempat-tempat rekreasi yang benar dan sehat. Selain itu menghindari pungli dan penanganan kesehatan hingga mengajarkan ke masyarakat bagaimana membuang sampah,” Harry Tjahaja Purnama mengulas.

4 dari 4 halaman

Ekonomi Kreatif

Ia juga mengimbau Pemerintah Daerah mendata dan mengampanyekan kawasan wisata agar kunjungan turis lebih merata. “Jangan membuat event-event di tempat rekreasi yang sudah sangat ramai. Disarankan bikin event ke tempat rekreasi yang masih sepi pengunjung,” pungkasnya.

Diberitakan sebelumnya, Menteri Sandiaga Uno memprediksi perputaran ekonomi di sektor wisata dan ekonomi kreatif pada libur Lebaran 2023 tembus 100 hingga 150 triliun rupiah. Ia menargetkan 25 persen dari target 1,4 miliar mobilitas wisatawan 2023 akan tercapai.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini