Sukses

Heboh Isu Andre Taulany Meninggal Dunia Saat Tertidur, Ini Fakta Sebenarnya

Dalam video itu memang tidak secara gamblang menyebutkan bahwa yang meninggal dunia itu adalah Andre Taulany. Belakangan, diketahui bahwa yang dimaksud adalah Andre Manika yang merupakan kakak dari Nugie dan Katon Bagaskara.

Liputan6.com, Jakarta Di media sosial, nama Andre Taulany mendadak ramai diperbincangkan. Namanya sampai menempati halaman Google trending gara-gara isu Andre Taulany meninggal dunia.

Setelah ditelusuri, berita hoax itu bermula dari sebuah video yang diunggah oleh akun YouTube Muda Entertainment pada 5 Maret 2023 lalu. Pada bagian awal video tersebut, dimuat kolase potret sederet artis ternama yang tengah bersama dengan Andre Taulany.

Video berjudul "INNALILLAHI, Andre Meninggal Saat Tertidur, Sederet Artis Ternama Tak Percaya Dengan Kabar Itu" dilengkapi dengan backsound pilu khas berita-berita duka. Narator juga mengutip beberapa ucapan duka dari beberapa artis, salah satunya adalah Nugie.

Dalam video itu memang tidak secara gamblang menyebutkan bahwa yang meninggal dunia itu adalah Andre Taulany. Di bagian belakang, barulah disampaikan bahwa yang dimaksud adalah Andre Manika yang merupakan kakak dari Nugie dan Katon Bagaskara.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tak Hanya Satu

Isu Andre meninggal dunia juga tidak hanya ditemukan dalam satu video saja. Dalam konten lain, kanal YouTube itu juga memuat potret Andre Taulany untuk menjadi thumbnail video berjudul "INNALILLAHI, Istri Andre Taulany Berduka, Orang Tercinta Telah Meninggal Dunia". Video tersebut berisikan potret-potret Andre Taulany bersama dengan istrinya, Erin Taulany.

Narator dalam video itu juga mengutip unggahan duka dari Erin Taulany. Lagi-lagi, yang dimaksud dalam video tersebut bukanlah Andre Taulany, melainkan ayahanda Erin Taulany yang meninggal dunia pada akhir 2020 lalu.

3 dari 4 halaman

Konten Serupa

Menilik dari kolom komentar di konten-konten tersebut, banyak warganet yang marah kepada pemilik akun yang kerap membagikan konten-konten menyesatkan dan clickbait. Jika dilihat, akun tersebut memang banyak membagikan video-video duka dengan judul dan thumbnail yang diisi oleh banyak artis-artis Indonesia.

Sebut saja seperti Ariel Noah, Komeng, Inul Daratista, Indro Warkop, dan lain-lain.

4 dari 4 halaman

Tak Ada Tanggapan

Sementara itu, Andre Taulany sendiri hingga saat ini belum menanggapi isu yang sedang ramai beredar itu. Begitu juga dengan sang istri, Erin Taulany.

Dipantau dari akun Instagram-nya, Andre Taulany masih membagikan unggahan-unggahan di Feed dan Instagram Story-nya seperti biasa. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.